Mendalami Perilaku Konsumen Lewat Ikatan Emosional

Ilustrasi pesan tiket pesawat di Traveloka.
Sumber :

VIVA Tekno – Agen perjalanan digital mencatat jelang momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi peningkatan jumlah pencarian perjalanan pesawat tujuan internasional hampir dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

"Peningkatan ini berpotensi terus terjadi seiring dengan minat konsumen melakukan perjalanan dan berwisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2024," kata CEO Transport Traveloka Iko Putera, dalam konferensi pers virtual, Senin, 4 Desember 2023.

Kemudian, animo masyarakat dalam merencanakan perjalanan juga semakin meningkat untuk tujuan domestik menjelang akhir tahun sekitar 60 persen.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ia percaya bahwa hubungan yang erat dengan konsumen terbentuk lebih dari sekadar transaksi, namun juga tentang bagaimana konsumen menciptakan momen perjalanan terbaik.

"Kami tidak hanya menyediakan solusi end-to-end dalam kebutuhan perjalanan konsumen, tapi sekaligus memperkuat ikatan emosional sehingga mampu meningkatkan customer engagement. Ini penting karena kami ingin mendapat pemahaman mendalam mengenai perilaku serta preferensi konsumen," jelas Iko.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Sementara itu, CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, mengaku Traveloka salah satu startup teknologi yang berada di dalam ekosistem Digital Hub BSD City.

Ia melihat Traveloka memprioritaskan inovasi untuk meningkatkan nilai layanan ke para konsumen dan pemangku kepentingan.

"Digital Hub BSD City merupakan sebuah kawasan bagi sejumlah perusahaan teknologi dan digital. Mulai dari startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi," tutur Irawan.

Kawasan Digital Hub BSD City

Photo :
  • Sinar Mas Land

Untuk itu, sebagai apresiasi kepada konsumen, digelar Program Gebyar Traveloka yang bermitra strategis dengan Sinar Mas Land, Wuling Motors, dan Frank & co.

Selain memberi keuntungan lebih bagi para konsumen, Gebyar Traveloka menawarkan peluang unik bagi setiap pengguna untuk meningkatkan keuntungan mereka melalui akumulasi Priority Points yang dikonversikan menjadi skor.

Setiap kali melakukan transaksi di platform Traveloka, konsumen akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan tiket untuk mengikuti program ini. Semakin banyak poin yang berhasil dikumpulkan melalui melakukan transaksi dan memainkan gamifikasi pada platform, semakin besar peluang untuk memenangkan hadiah menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya