Mengapa Astronaut Berpakaian Putih?

Ilustrasi astronaut.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Salah satu yang paling menonjol dari astronaut adalah pakaiannya yang berwarna putih. Pakaian putih itu dipakai saat astronaut melakukan aktivitas atau misi di luar Stasiun Antariksa Internasional atau ISS. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Ternyata ada alasan dan pertimbangan mengapa pakaian astronaut adalah putih. 

Dikutip dari Spaceflight NASA, Jumat 16 Februari 2018, salah satu alasan terpenting pemilihan warna putih karena warna ini memantulkan panas, sehingga astronaut tidak merasakan terlalu hangat. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Astronaut pada dasarnya juga merasa kedinginan, biasanya itu terjadi di tangan mereka. Untuk itulah, pada pakaian astronaut dilengkapi dengan pemanas di sarung tangan mereka, untuk menjaga dari kondisi yang terlalu dingin. 

Pertimbangan lain astronaut mengenakan pakaian putih adalah warna itu sangat kontras dengan warna latar belakang antariksa yang gelap gulita, sehingga antara astronaut bisa saling menjaga dan memantau dalam menjalankan aktivitas di luar ISS. Apalagi untuk menjalankan aktivitas di luar ruangan ISS, biasanya astronaut tak pernah sendirian tapi selalu berpasangan. 

NASA Siap Kirim Astronaut Wanita Pertama ke Bulan, Misi Rp419 Triliun

Aktivitas astronaut di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Pada pakaian astronaut tidak sepenuhnya berwarna putih. Jika dilihat saksama, ada empat garis merah pada empat bagian di tangan dan kaki. Garis merah itu berfungsi sebagai penanda bagi astronaut lain, supaya bisa saling berkoordinasi dengan astronaut lainnya.

Putih di luar tapi warna-warni di dalam. Saat astronaut berada di dalam ISS, mereka mengenakan pakaian yang berwarna-warni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya