Deretan Smartphone Poni di Indonesia

Asus Zenfone 5 dengan bentang layar 6,2 inchi.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Vendor smartphone asal Taiwan, Asus kemarin menghadirkan ponsel anyar mereka, Zenfone 5. Salah satu spesifikasi yang menarik perhatian dari Zenfone 5 ini adalah layar notch atau poni. Zenfone 5 merupakan debut smartphone berponi Asus di pasar Indonesia.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Sebelum Zenfone 5, pasar Indonesia sudah kedatangan smartphone dengan layar poni. Smartphone dengan desain layar ini makin bermunculan sejak Apple mengenalkan layar poni pada iPhone X mereka September tahun lalu. 

Berikut smartphone layar berponi yang sudah diluncurkan di Indonesia: 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Vivo V9

Smartphone V9 diluncurkan untuk pasar Indonesia pada 29 Maret lalu. Product Manager Vivo, Jason Fanjaya mengatakan, desain itu untuk memenuhi permintaan konsumen mereka yang menginginkan ponsel dengan layar lebih lebar. V9 diluncurkan dengan lebar layarnya 6,3 inci. Vivo berdalih merilis smartphone dengan poni lantaran mengikuti tren dari konsumen. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Oppo F7

Tak ketinggalan, Oppo juga menghadirkan smartphone dengan layar poni, F7, pada pertengahan April lalu. Selain menonjolkan AI Beauty 2.0, Oppo menghadirkan layar poni pada smartphone anyar ini. 

Menurut Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, layar notch itu sudah seperti tren dan ada pasar yang menerima tren itu. 

Kesiapan produsen layar juga menjadi perhitungan Oppo mengeluarkan layar berponi itu. Banyak orang, menurut Aryo, yang mulai fokus dengan kehadiran bentuk layar penuh tersebut. 

Oppo F7.

Aryo menyadari layar notch diasosiasikan pada merek smartphone lain yang sudah duluan mengeluarkan desain seperti itu. Tapi Aryo mengatakan, pengguna akan paham kegunaan layar itu saat sudah memakainya.

Aryo mengklaim, tak mengekor pada iPhone. Oppo sudah memiliki paten layar berponi dari Januari 2017, jauh sebelum notch hadir pada brand ponsel saat ini. Menurut Aryo, butuh waktu lama untuk pengaplikasiannya sebelum Oppo bisa tampil dengan poni.

Zenfone 5

Asus menjadi vendor terbaru yang merilis smartphone berponi dengan Zenfone 5. Ini merupakan debut Asus untuk menghadirkan smartphone dengan layar berponi.

Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman mengungkapkan, pemilihan notch pada smartphone baru Asus itu, karena ke depannya akan lebih optimal untuk pengoperasian smartphone.

Firman menjelaskan, ke depannya akan lebih optimal salah satunya pada notifikasi, jika layarnya memiliki notch karena akan ditempatkan pada bagian atas layarnya.  

Asus Zenfone 5 dengan bentang layar 6,2 inchi.
   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya