Cek Arah Kiblat, Sore Ini Matahari Persis di Atas Kabah

Suasana di sekitar Kabah di Kota Mekah, Arab Saudi jelang puncak haji.
Sumber :
  • H Eko Priliawito - VIVA.co.id

VIVA – Berdasarkan data astronomi, Senin hari ini, 28 Mei 2018, Matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Ketika Matahari berada tepat di atas Kabah, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kabah.

Peristiwa ini dikenal dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblat. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Daud Pakeh, mengajak masyarakat untuk memperbaiki dan mengecek kembali arah kiblat, baik di rumah, balai, masjid maupun tempat umum lainnya.

Sorot ghirah - Umat muslim melaksanakan salat malam di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe, Aceh

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Di mana bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja pada jam itu akan mengarah ke Kabah. "Untuk pengukurannya cukup menggunakan tiang tegak lurus yang disinari oleh cahaya Matahari pada sore hari ketika rahsdul kiblat," kata dia di Banda Aceh, Aceh.

Sementara pakar Falakiyah Kanwil Kementerian Agama Aceh, Alfirdaus Putra Salma, menjelaskan, berdasarkan tinjauan astronomis/falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meluruskan arah kiblat, seperti menggunakan kompas atau theodolit.

Sehubungan dengan ini bagi masyarakat yang ingin memverifikasi kesesuaian arah kiblat, kata dia, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul.

Penggantian kiswa, kain penutup Kabah.

Lalu, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata dan Ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.

“Jika ketiga tahapan itu sudah dilakukan, maka bayangan benda yang digunakan untuk memverifikasi itu akan mengarah ke Kabah,” jelas Alfirdaus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya