Disiarkan Langsung, Misi Tahun Baru NASA ke Objek Terjauh Tata Surya

Wahana antariksa New Horizons
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA – Menjelang pergantian tahun menjadi istimewa bagi Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Sebab, mereka akan menjalani misi terbaru menerbangkan utusannya alias wahana antariksa New Horizons ke titik terjauh di area paling tepi dari Tata Surya, yakni objek antariksa terjauh, yakni Ultima Thule.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Ultima Thule merupakan objek batuan es yang jaraknya 4,1 miliar mil dari Bumi. Misi New Horizon ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru. Karena, sebelumnya wahana ini telah melintasi dekat Pluto pada 2015. 

Dilansir laman The Verge, Senin, 31 Desember 2018, tim misi New Horizons berkumpul di Laboratorium Fisika Terapan Universitas John Hopkins, Maryland, Amerika Serikat.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Mereka akan memonitor wahana tersebut dari pusat fasilitas misi operasi. Komunikasi kendali di Bumi dengan wahana tersebut butuh waktu sekitar 6 jam.

Artinya, tiap dinamika dari wahana itu akan sampai terlaporkan ke Bumi dalam waktu 6 jam. Data dari misi ini tak langsung bisa dinikmati. NASA mengaku butuh waktu 20 bulan mengunduh data yang dikumpulkan wahana New Horizons.

Sampah China Diburu Amerika

Namun sayang, saat ini lembaga pemerintahan Amerika Serikat itu sedang reses karena libur akhir tahun, termasuk operasional NASA, sehingga sejumlah pegawai termasuk tim urusan publik tidak bekerja.

"Ironis. Saat NASA melakukan eksplorasi terjauh dalam sejarahnya, justru mereka dengan mudahnya terjebak di masa reses," kata Peneliti Utama Misi New Horizons, Alan Stern. 

Ia juga mengakui tim misi mengalami malfungsi prosedur dalam menjalankan misi tersebut. "Namun kami tak berpikir malfungsi prosedur selama misi terbang melintas ini akibat reses,” ujarnya.

NASA tetap akan menyiarkan secara langsung misi itu. Badan antariksa itu akan menyediakan live streaming di NASA TV, serta memperbarui informasi terkini di akun media sosial mereka.

Fasilitas John Hopkins tidak terkena reses pemerintahan dan bakal menjalankan live streaming di saluran YouTube mereka.

Jika berjalan sesuai rencana, maka live streaming akan menampilkan momen wahana New Horizons terbang melintasi Ultima Thule. Live streaming itu juga termasuk menyiarkan konferensi pers misi penting tersebut.

Momen terbang melintas akan dilaporkan melalui konferensi pers pada pukul 14.00 waktu setempat pada Senin, 31 Desember 2018 atau pukul 02.00 1 Januari 2019 WIB. Perkiraan waktu wahana New Horizons melintasi batu antariksa Ultima Thule adalah pukul 00.33 dinihari pada Selasa, 1 Januari 2019 atau 13.33 WIB. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya