Begini Misi Robot China di Sisi Tak Tersentuh Bulan

Robot penjelajah China di sisi jauh Bulan, Yutu-2
Sumber :
  • Dokumen CGTV/CNSA/CLEP

VIVA – Pekan lalu, wahana antariksa China, Chang'e-4 berhasil mendarat di sisi jauh atau sisi Bulan yang selama ini tak tersentuh misi eksplorasi. Wahana tersebut, kemudian mengerahkan robot penjelajah Jade Rabbit 2 atau Yutu-2, untuk membangun transmisi digital dan data relay satelit. Langkah ini dilakukan, untuk memuluskan pengiriman data kembali ke pusat kendali di Beijing.

NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

Dari foto pertama yang diambil Chang'e-4 menunjukkan, lingkungan di sisi jauh Bulan itu terdapat kawah kecil yang tandus.

Menurut situs web Badan Antariksa Nasional China, yang dikutip dari IB Times, Senin 7 Januari 2019, radar dan kamera pada Yutu-2 telah diaktifkan, dan saat ini sedang mengumpulkan data di sisi jauh Bulan.

Kalau Kamu Diajak ke Bulan, Apa yang Mau Dibawa?

Setelah robot tersebut diaktifkan, wahana tersebut memasang tiga antena radio frekuensi rendah berukuran lima meter. Berikutnya, wahana ini juga mengirimkan gambar yang diambil menggunakan kamera topografi.

Para ilmuwan berharap, dengan mempelajari sisi jauh Bulan, mereka dapat mengetahui apa yang terjadi pada masa awal dari Tata Surya, serta kelahiran bintang pertama di alam semesta.

Misi ke Bulan Bikin NASA Boros

Eksplorasi wahana Chang'e-4 di sisi jauh Bulan, merupakan ambisi negara Tirai Bambu itu dalam mengejar pertumbuhan di Amerika Serikat, Rusia, dan Eropa di lingkup ruang angkasa. Misi ini, sekaligus ingin menjadikan China, sebagai kekuatan regional dan global.

"Secara keseluruhan teknologi ruang angkasa China, masih tertinggal dengan negara bagian Barat. Namun, karena pendaratan ini kita telah berlari ke posisi depan," kata profesor di sekolah astronomi dan ilmu ruang angkasa di Universitas Nanjing, Hou Xiyun.

Adapun rencana selanjutnya yang akan dilakukan Badan Antariksa Tiongkok, ialah mengeksplorasi Planet Mars, Jupiter dan asteroid di masa depan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya