Logo BBC

Apollo 11, Kisah Proyek Luar Angkasa Satukan Umat Manusia

Presiden AS Richard Nixon berbicara pada tiga astronot Apollo 11 di atas kapal USS Hornet, 24 Juli 1969. - CCI ARCHIVES/SCIENCE PHOTO LIBRARY
Presiden AS Richard Nixon berbicara pada tiga astronot Apollo 11 di atas kapal USS Hornet, 24 Juli 1969. - CCI ARCHIVES/SCIENCE PHOTO LIBRARY
Sumber :
  • bbc

Seolah-olah diterangi cahaya Ilahi, roket Saturn V berkilauan saat berada di papan luncur di Cape Canaveral, Florida. Dihiasi simbol bintang serta garis, diselubungi cahaya subuh berwarna emas dan merah tua, roket itu terlihat ibarat lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Dalam pakaian luar angkasa mereka, tiga astronaut bersiap menjalani misi yang akan membawa mereka dan seluruh umat manusia ke sebuah peradaban baru.

Usaha keras yang muncul dalam konflik menegangkan ini diakhiri dengan menyatukan seluruh warga dunia, setidaknya untuk sesaat.

Perlombaan berangkat ke bulan mulai terjadi pada 4 Oktober 1957, ketika Uni Soviet mengirim satelit buatan pertama ke jalur orbit bumi. Gelora bunyi satelit bernama Sputnik 1 itu menyebar teror ke seluruh penjuru Amerika Serikat.

Ada kekhawatiran musuh AS dalam Perang Dingin itu bakal segera menjatuhkan bom atom dari luar angkasa.

Ancaman terhadap eksistensi

Ketika Soviet mengirim astronaut pertama untuk mengorbit Bumi dan menjejakkan kaki di luar angkasa, pemerintahan AS takut dominasi teknologi negara komunis akan menunjukkan keunggulan ideologi itu.