Ulama Kecam Ide Bumi Datar, Disebut Kanker dan Sesatkan Masyakarat

Ilustrasi Bumi Datar.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Gagasan bumi datar belakangan membuat kalangan akademisi Islam turun tangan. Ulama di Malaysia sampai mengecam pemikiran dari teori konspirasi bumi datar tersebut. 

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Ulama wilayah federal Malaysia Datuk Zulkifli Mohamad al-Bakri menegaskan pemikiran bumi datar berlawanan dengan konsensus tak terbantahkan cendekiawan dan astronom Islam yang menyatakan bumi berbentuk bulat. 

Datuk Zulkifli mengatakan, kantornya dibanjiri pertanyaan dari masyarakat tentang bumi datar. Untuk itulah, kantornya mengunggah rilis resmi berjudul “Bayan Linnas Siri 166: Polemik Flat Earth Sisi Pandang Islam’. Rilis ini membantah klaim dari penganut teori bumi datar. Datuk Zulkifli menyebutkan, kepercayaan bumi datar adalah keliru dan tak segan melabeli keyakinan itu sebagai 'kanker' dalam masyarakat. 

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

"Kami menekankan di sini sifat bumi itu bulat. Penolakan pada sifat bumi bundar itu adalah pendapat yang salah arah, itu juga menentang ijma (konsensus)" ujar Datuk Zulkifli dalam sebuah pernyataan di website kantornya dikutip dari laman Malaymail, Senin 25 Februari 2019.

Dalam penegasannya, Datuk Zulkifli menyebutkan beberapa ayat Alquran yang menguatkan gagasan bahwa bumi itu bulat. Misalnya Surat Az Zumar ayat 5 yang terjemahannya yakni "Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,".

7 Kebohongan Terbesar Sepanjang Sejarah: Bumi Datar, Tembok China hingga Rokok

Selain menunjukkan ayat Alquran, Datuk Zulkifli juga mengutip pernyataan dari astronaut pertama Malaysia, Datuk Sheikh Muszaphar Shukor Sheikh Mustapha. Sang astronaut yang pernah bertugas di luar angkasa selama 12 hari itu belum lama ini menegaskan, bumi berbentuk bulat bola meski tidak bundar sepenuhnya namun mirip bentuk telur. (ali)

Planet Bumi.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Umat manusia telah mengetahui bahwa Bumi datar itu tidak benar selama beberapa milenium dan ada banyak metode untuk membuktikan bahwa Bumi bulat. Berikut caranya.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023