Saat Google Tersedot Lubang Hitam

Doodle Google edisi Foto Lubang Hitam
Sumber :
  • Google doodle

VIVA – Keberhasilan astronom dunia mendapatkan foto pertama lubang hitam dirayakan oleh Google. Dalam orat-oret atau doodle-nya, Google menampilkan karakter GIF foto lubang hitam yang dirilis oleh astronom. Pada doodle tersebut, lubang hitam berada di tengah-tengah tulisan Google. 

Knowing Aminah Cendrakasih: Indonesian Artist Appears on Google Doodle

Kemudian beberapa saat, lubang hitam menunjukkan ‘kekuatan dashyatnya’, dan lambat laun menyedot tulisan Google itu. Satu per satu dari karakter Google itu tersedot masuk ke dalam lubang hitam tersebut hingga menghilang. 

Doodle Google edisi lubang hitam ini tidak tersedia di Indonesia. Dalam pantauan di laman Google, Kamis 11 April 2019, doodle ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, sebagian besar negara Amerika Selatan, Meksiko, Amerika Utara, sebagian besar negara Eropa. Untuk Afrika, doodle ini tersedia di Algeria, Maroko, Libya dan Mesir. Untuk Asia, doodle lubang hitam itu tersedia di Arab Saudi, Irak, Oman, Thailand, Vietnam, dan Taiwan. 

5 Black Hole Sedang Wara-wiri di Dasar Laut

Lubang hitam merupakan objek antariksa yang memiliki gravitasi sangat kuat. Saking kuatnya, cahaya sekali pun tersedot ke dalamnya.

India Berani Kirim 'Utusan' ke Lubang Hitam

Lubang hitam ditemukan berada di tengah Galaksi M87 yang jaraknya sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi. Lubang hitam ini memiliki massa sekitar 6,5 miliar kali massa Matahari dan merupakan lubang hitam terbesar yang pernah diperkirakan astronom. 

Foto lubang hitam yang dirilis memperlihatkan 'cincin api' sangat terang, mengelilingi lubang gelap berbentuk lingkaran sempurna.

Cahaya halo yang terang ini disebabkan oleh gas super panas yang jatuh ke dalam lubang hitam itu. Sinar terang ini bahkan lebih terang daripada cahaya miliaran bintang di galaksi digabungkan jadi satu, itulah kenapa lubang hitam ini bisa dilihat dari jarak yang sangat jauh seperti Bumi.

Pinggiran dari lingkaran gelap di tengah lubang hitam itu adalah titik di mana gas memasuki lubang hitam. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya