Video Viral Semburan Lumpur Aneh, Bukan Fenomena Alam

Semburan lumpur di Blora
Sumber :
  • YouTube/@bang bs

VIVA – Video viral semburan lumpur yang terjadi di Kecamatan Jati, Blora, Jawa Tengah beredar di media sosial. Semburan tersebut terjadi Jumat 19 April 2019. Menurut kabar yang beredar, semburan tersebut berlangsung selama 1,5 jam, dengan tinggi semburan mencapai beberapa meter.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Pegiat kebencanaan, Ma'rufin Sudibyo menjelaskan, semburan lumpur di Blora tersebut bukan fenomena alam. Peristiwa itu merupakan dampak dari pengujian pipa gas yang melewati daerah tersebut. 

"Itu bukan fenomena alam apa-apa. Tapi buatan manusia. Di lokasi tersebut ada bagian pipa gas jaringan Gresik-Semarang yang baru dipasang dan sedang dilakukan tes hidrostatik sebagai upaya menguji integritas serta stabilitas pipa," jelas Ma'rufin kepada VIVA, Rabu 24 April 2019. 

Viral Lafadz Allah Ditemukan di Kaos Kaki yang Dijual di Supermarket, Warga Muslim Diminta Boikot

Dia menuturkan, dalam tes hidrostatik, pipa diisi air bertekanan cukup tinggi yakni sekitar ~100 psi dari satu lokasi lalu dikeluarkan di satu titik. Dengan tekanan tinggi tersebut, kata Ma'rufin, tak heran akibat yang muncul adalah semburan yang cukup tinggi beberapa meter. 

Belakangan jaringan pipa gas yang dimaksud merupakan milik PT. Pertagas yang melalui jalur Greasik-Blora-Semarang. 

Polisi Ungkap Penyebab Jalan Alternatif Cibubur Macet Parah Sore Hari Ini

    

Pendeta ini ajak jemaatnya berburu takjil

Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan

Baru-baru ini nampaknya jokes takjil sudah sampai ke para pendeta. Bahkan mereka mengajak jemaatnya untuk berburu takjil. Salah satu pendeta itu Marcel Saerang.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024