Fisikawan: Perjalanan Waktu di Avengers: Endgame Tak Mungkin Terjadi

Peneliti Fisika Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, Husin Alatas
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Peneliti Fisika Akademi Ilmuwan Muda Indonesia atau ALMI, Husin Alatas, membantah time travel atau perjalanan waktu yang dilakukan oleh pahlawan Avengers dalam serial Avengers: Endgame pada misinya menyelamatkan dunia. Menurutnya, perjalanan waktu itu terbentur teori kompleksitas dan arah waktu.

Avengers: The Kang Dynasty Disutradarai Pembuat Film Shang-Chi

"Alam merupakan sistem kompleks yang terdiri atas banyak komponen yang terkait satu dengan lainnya melalui interaksi. Hukum kedua termodinamika adalah di mana alam semesta merupakan sistem tertutup yang ketidakteraturannya terus meningkat," katanya di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Hukum termodinamika hanya mengizinkan waktu untuk bergerak ke masa depan, bukan ke masa lalu. Teori perjalanan waktu dalam film Avengers menggunakan Closed Timelike Curves (CTC). Kurva ini menghubungkan dua waktu berbeda sehingga memungkinkan melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Namun CTC tidak mungkin terjadi karena adanya hukum termodinamika. Contohnya, setiap manusia tentu akan mengalami penuaan. Hal tersebut merupakan ketidakteraturan dengan kompleksitas yang semakin bertambah.

"CTC tidak bisa menjadi kenyataan karena dilarang oleh hukum kedua termodinamika terkait kompleksitas yang mengizinkan arah waktu hanya menuju masa depan. Termodinamika merupakan teori fisika yang fundamental," ujarnya.

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Dalam film, Captain Marvel diharuskan kembali ke masa lalu melalui Einsten-Rosen bridge atau warmhole, agar bisa mencapai Bumi dalam waktu yang cepat di alam semesta yang luas ini. Dia juga harus memiliki materi eksotik dengan massa negatif agar dapat melewatinya.

Husin menyimpulkan, peneliti telah mencoba mempelajari tentang sifat alam semesta dalam skala atom dan skala besar. Dinamikanya adalah urusan Tuhan. Husin memberi sedikit petunjuk, namun disebutnya sangat berguna. (ase)

Tweet ramalan Lionel Messi bakal juara Piala Dunia 2022

Penjelajah Waktu? 7 Tahun Silam Pria Ini Ramalkan Lionel Messi Juara Piala Dunia 2022

Sebuah tweet tujuh tahun silam kembali viral di media maya. Pemilik akun Twitter @josepolanco10 mampu meramal dengan tepat Lionel Messi juara Piala Dunia 2022.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2022