Logo WARTAEKONOMI

5 Teknologi ini Sebaiknya Tidak Diabaikan Pelaku Bisnis

5 Teknologi Ini Sebaiknya Tidak Diabaikan Pelaku Bisnis. (FOTO: Unsplash/Stefan)
5 Teknologi Ini Sebaiknya Tidak Diabaikan Pelaku Bisnis. (FOTO: Unsplash/Stefan)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Laju teknologi yang berkembang pesat tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Pelaku bisnis harus mengambil keputusan, menentukan inovasi apa yang harus mereka investasikan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dan apa yang sementara bisa diabaikan. Namun dalam mengambil keputusan itu para pelaku bisnis masih kerap mengalami kebingungan.

Melansir techrepublic, Chris Hoose, presiden perusahaan konsultan TI Choose Networks mengatakan, kemajuan teknologi menciptakan peluang baru jika dimanfaatkan, dan membantu UKM khususnya menjadi lebih kompetitif. Teknologi yang ada saat ini pada satu waktu memang hanya tersedia untuk perusahaan besar dengan anggaran teknologi besar. Namun setiap tahun teknologi menjadi lebih mudah diakses oleh perusahaan dari semua ukuran.

Karenanya, menurut Hoose, bisnis dari ukuran apapun yang ingin tetap kompetitif harus berinvestasi dalam teknologi. Sebab teknologi akan membantu perusahaan memperluas bisnis, menciptakan proses yang lebih efisien, dan meningkatkan keterlibatan dari pelanggan dan staf. Berikut lima teknologi yang tidak bisa diabaikan oleh sebuah bisnis:

1. Internet of Things (IoT)

Saat ini banyak perangkat IoT seperti termostat pintar terutama dirancang untuk digunakan di rumah, ada banyak aplikasi untuk usaha kecil, kata Hoose. Misalnya, bisnis dapat berinvestasi dalam kunci pintar yang menggunakan kunci digital dan mencatat orang yang menggunakan pintu; Tag RFID pada barang dagangan untuk mencegah pencurian dan memperbarui inventaris secara otomatis; dan pembaca kartu seluler untuk mengganti mesin kasir.

2. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)

Teknologi AI dapat diakses oleh perusahaan besar dan kecil. Ini membuat terobosan menjadi teknologi yang dapat diakses untuk bisnis dari semua ukuran. AI dapat membantu perusahaan menawarkan pengalaman yang semakin dipersonalisasi kepada pelanggan dengan memaksimalkan waktu dan mengotomatisasi tugas-tugas manual seperti entri data. AI juga dapat membantu bisnis menganalisis data dan meningkatkan pengambilan keputusan.