Malam Ini Puncak Hujan Meteor Perseid, Nomor 5 Jangan Terlewat

Penampakan hujan meteor Perseid
Sumber :
  • NASA

VIVA – Malam ini bagi kalian penikmat langit atau yang sedang begadang, bisa menikmati fenomena hujan meteor Perseid. Istimewanya, tengah malam 13 Agustus 2019 merupakan puncak hujan meteor tersebut. 

Sosok Jenderal TNI Mulyono, 'Buang' Pangkat Bintang 4 di Depan Prajurit Saat Jadi KSAD

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan hujan meteor ini tergolong menarik sebab pengamat bisa melihat 50 sampai 75 meteor melintasi di langit tengah malam nanti. Keistimewaan lainnya, hujan meteor Perseid ini bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.

Hujan meteor Perseid merupakan pecahan dari komet Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer bumi sehingga menciptakan efek hujan meteor. Arah hujan meteor bisa dilihat pada konstelasi Perseus, karena itulah diberi nama Hujan meteor Perseid.

5 KSAD Termuda Sepanjang Sejarah, Ada Peraih Gelar Jenderal Bintang 5

Berikut  5 hal penting sebelum mengamati hujan meteor Perseid yang bisa dilihat di Indonesia: 

Diamati di seluruh Indonesia 

Mengintip Kiprah Gemilang Legenda dan Bintang Real Madrid

Kabar bagus nih. LAPAN mengatakan hujan meteor ini bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia.

Tak perlu teleskop

Hujan meteor Perseid bisa dilihat dengan mata telanjang lho. Makanya tak perlu alat bantu untuk melihat hujan meteor melintasi langit tengah malam nanti. 

Lokasi minim polusi cahaya

Tentunya ini salah satu syarat utama bisa melihat hujan meteor. Bagaimana bisa menikmati hujan meteor kalau sekitarmu penuh dengan terang benderang cahaya. Pasti penampakan hujan meteor bakal kalah. Makanya segera cari titik yang paling aman dari polusi cahaya. 

Titik rasi Perseus

Sesuai namanya, hujan meteor Perseid bisa dilihat dari rasi bintang Perseus.  Rasi bintang Perseus ini, mulai tengah malam berada di langit di timur laut, kemudian menjelang subuh bergeser ke arah utara.

Bukan tengah malam, tapi dini hari

LAPAN mengatakan penampakan hujan meteor Perseid pada tahun ini akan sedikit terganggu dalam mengamati dikarenakan momennya berdekatan dengan bulan purnama, sehingga disarankan untuk mengamati hujan meteor pada dini hari, bukannya tengah malam. Oke guys, sudah siap mau mengamati hujan meteor malam nanti? (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya