Dilarang Simpan Susunan Nomor Ilegal Ini

Ilustrasi hak cipta.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA – Saat ini kehidupan kita sehari-hari menjadi bergantung pada kode komputer, rangkaian angka, huruf, dan tanda baca acak. Tapi ada satu susunan angka yang menjadi ilegal dan sebaiknya tidak digunakan.

Bikin Resah Masyarakat Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditahan

Mencatat nomor ini di dalam serangkaian catatan Post-It, buku harian remaja atau sebagai file digital di komputer. Artinya, telah melanggar hukum di Amerika Serikat (AS). Petugas yang melakukan pemeriksaan memastikan tidak ada yang melanggar hukum karena terlibat dengan angka ilegal ini.

Awal rangkaian angka ini dikatakan ilegal adalah karena enkripsi. Sebelum lonjakan popularitas layanan streaming video dan persewaan film digital, film populer Hollywood terbaru dinikmati melalui DVD.

Prabowo: Dalam Hidup Saya, Angka 8 Muncul Terus

Disk ini kemudian dienkripsi untuk menghentikan siapa pun yang menyewa film memiliki kemampuan menyalin film dan menyimpannya ke komputer mereka di rumah untuk menonton ulang tanpa batas.

Bagaimana pun metode itu akan membunuh pasar penjualan DVD. Salinan DVD film menjadi tersedia setelah jendela eksklusivitas terbuka saat film-film terbaru yang eksklusif tersedia untuk persewaan, dikutip dari situs Express, Senin, 7 Juni 2021.

Diangkat dari Kisah Nyata, Film Kutukan Calin Arang Janji Tak Hanya Modalkan Jumpscare

Enkripsi bekerja dengan cukup baik. Namun, pada Maret 2001, Phil Carmody menemukan 1.401, bilangan prima yang membuka enkripsi pada DVD dan memungkinkan penyalinan secara grosir.

Di negeri Paman Sam, Motion Picture Association of America berargumen bahwa siapa pun yang memiliki nomor 1.401 dapat melakukan upaya untuk menghindari hak cipta. Nomor dibuat ilegal di bawah Digital Millennium Copyright Act yang mengkriminalisasi produksi dan penyebaran alat yang bisa digunakan untuk melanggar tindakan hak cipta.

Baru-baru ini, FBI menuntut agar Apple menulis versi baru dari sistem operasi iPhone, iOS, untuk memungkinkan agen federal membobol smartphone. Ada bilangan prima yang tidak terbatas karena ada jumlah bilangan yang tidak terbatas.

Namun, karena banyaknya daya komputasi yang dibutuhkan untuk menemukan bilangan prima baru ada sejumlah bilangan prima yang diketahui. Angka-angka ini sangat berharga dalam hal enkripsi. Entah itu digunakan untuk melindungi DVD, rekening bank online atau pesan teks yang disimpan, serta data lokasi di ponsel pintar Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya