Intip VSS Unity, Pesawat Richard Branson yang Mirip Bola Bulutangkis

Virgin Galactic.
Sumber :
  • Kenneth Brown/Aerospace Photography

VIVA – Miliarder Richard Branson menggunakan pesawat VSS Unity buatan Virgin Galactic untuk terbang ke luar angkasa. VSS Unity adalah nama yang dipakai oleh generasi kedua SpaceShipTwo. Generasi sebelumnya dinamai VSS Enterprise yang mengalami kecelakaan di udara saat uji terbang pada 2014.

Beli Land Rover Dapat Kesempatan Berwisata ke Luar Angkasa

Yuk, intip kecanggihan pesawat luar angkasa ini. VSS Unity mampu menampung dua pilot dan empat penumpang di kabin. Ukurannya setara jet eksklusif. Untuk meluncur, VSS Unity dibawa oleh pesawat yang lebih besar ke ketinggian sekitar 50 ribu kaki (15.240 meter).

Ketika pada ketinggian tersebut, VSS Unity akan dilepaskan dan motor pesawat roket akan menyala. Akselerasinya akan membuat penumpang merasakan gaya hingga 3,5 kali berat normalnya dalam perjalanan ke ketinggian lebih dari 50 mil.

Tiket Wisata Luar Angkasa Dibuka, Kamu Cukup Bayar Segini

Di bagian atas busur, mereka yang berada di dalam pesawat akan melihat kegelapan ruang angkasa serta lekukan Bumi dari jendela pesawat. Mereka juga dapat keluar dari tempat duduk mereka dan mengalami sekitar empat menit tanpa bobot.

Lalu, 50 mil ke atas, tarikan gravitasi Bumi ke bawah pada dasarnya sama kuatnya dengan di permukaan. Sebaliknya, penumpang akan jatuh dengan kecepatan yang sama dengan pesawat yang ditumpangi.

Tiket Jalan-jalan ke Luar Angkasa Terjual 100 Buah, Segini Harganya

Dua ekor baling-baling di bagian belakang pesawat ruang angkasa berputar hingga membentuk konfigurasi berbulu yang akan meminimalisir hambatan dan stabilitas, memungkinkan pesawat untuk memasuki kembali atmosfer Bumi dengan lebih lembut.

Konfigurasi ini membuat VSS Unity lebih mirip shuttlecock atau bola bulutangkis, yang selalu jatuh dengan sisi runcing menghadap ke bawah jika dibandingkan dengan pesawat, sebagaimana dikutip dari situs New York Times, Senin, 12 Juli 2021.

Namun, gaya yang dirasakan penumpang saat turun akan lebih besar daripada saat naik, yaitu mencapai enam kali gaya gravitasi. Setelah pesawat kembali ke atmosfer, baling-baling ekor berputar kembali ke bawah, dan pesawat akan meluncur ke permukaan. Seluruh penerbangan mungkin memakan waktu kurang dari dua jam.

Seperti diketahui, Richard Branson berhasil lepas landas pada Minggu, 11 Juli 2021 pukul 10.40 ET atau 21.40 WIB dari Spaceport America di New Mexico, Amerika Serikat (AS). Ia mengatakan bahwa ini adalah pengalaman seumur hidupnya yang terekam oleh kamera yang terletak di kabin pesawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya