Sensasi Menikah di Metaverse: Kreativitas Liar, Otak Jadi Traveling

Avatar Dave Gagnon dan Traci saat menikah di metaverse.
Sumber :
  • NY Times

VIVA – Menikah di metaverse terjadi untuk pertama kalinya. Pasangan yang melakukannya adalah Traci (52) dan Dave Gagnon (60) asal Amerika Serikat (AS).

Unik Ada Parfum dengan Teknologi AI, Ciptakan Aroma Dunia Virtual

Upacara pernikahannya pun disiapkan oleh Virbela, perusahaan yang membangun lingkungan virtual untuk bekerja, belajar maupun membuat acara.

Ketika upacara pernikahan dimulai terlihat karakter Gagnon, berupa avatar, berjalan menyusuri lorong. Hadir juga avatar anak kembar berusia 7 tahun yang memainkan karakter sebagai pembawa cincin dan gadis bunga, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs New York Times, Jumat, 10 Desember 2021.

Unik! Kini Hadir Parfum Kolaborasi dengan AI Technology

Asal tahu saja, pandemi COVID-19 mengubah konsep pernikahan tradisional. Tapi perlu diketahui juga bahwa pernikahan yang dilakukan secara virtual, termasuk metaverse, tidaklah sah. Namun, metaverse akan membawa perayaan virtual ini lebih jauh lagi dan menawarkan pengalaman yang tak terbatas untuk pasangan.

“Jika Anda benar-benar ingin melakukan sesuatu yang berbeda, metaverse tempatnya. Di sini kreativitas Anda akan liar. Otak Anda jadi traveling," kata Pendiri Allseated Sandy Hammer.

Seorang Remaja Mengaku Diperkosa di Dunia Digital Metaverse, Langsung Lapor Polisi

Metaverse, proyek alam semesta virtual ala Facebook.

Photo :
  • Deutsche Welle

Perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan digital untuk pernikahan itu memaparkan metaverse menciptakan versi virtual dari ruang acara yang ada di dunia nyata.

Jadi, kalau Anda punya keinginan untuk menikah di luar angkasa, misalnya, atau keliling dunia secara virtual, tidak lagi menjadi mustahil. Merancang pernikahan metaverse membutuhkan keterampilan dari seorang insinyur perangkat lunak, sebuah peran yang tidak ada dalam pernikahan konvensional.

Kembali kepada pasangan Traci dan Gagnon. Mereka menikah secara langsung pada 4 September 2021 di Atkinson Resort & Country Club di New Hampshire, AS, tempat di mana mereka tinggal. Kemudian, mereka kembali menggelar pernikahan metaverse dengan bantuan David O'leary.

Pernikahan virtual itu pun disiarkan secara langsung untuk mereka yang tidak bisa hadir. Para tamu undangan hadir melalui komputer. Tapi sebelum bisa menghadiri, mereka harus mengunduh perangkat lunak dan membuat avatar.

Traci dan Gagnon sama-sama bekerja sebagai agen di eXp Realty. Tidak heran mengapa keduanya ingin menikah di metaverse, di mana perusahaan tempatnya bekerja juga yang membawahi Virbela.

Sebelum dua sejoli itu bertemu secara langsung, avatar mereka bertemu di sebuah acara perusahaan di Las Vegas pada 2015.

Lalu, ketika mereka mengumumkan pertunangan pada 2019, rekan kerja mereka menawarkan untuk membuat pernikahan metaverse secara cuma-cuma. Padahal, harga menikah di metaverse mencapai US$30 ribu atau Rp430 juta.

Konsep acara dibuat berdasarkan foto yang dikirim Gagnon dan Traci beserta dekorasi pernikahan yang diinginkan. Detail pribadi juga dimasukkan, seperti bunga cendrawasih dan gaun pernikahan yang dikenakan dalam upacara konvensional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya