Qian Xuesen, Pahlawan China yang Diusir AS

Qian Xuesen.
Qian Xuesen.
Sumber :
  • medium.com

VIVA Tekno – Ilmuwan China, Qian Xuesen telah membantu dua negara adidaya untuk mencapai Bulan. Tetapi kisahnya dikenang hanya di satu negara saja.

Qian adalah bapak dari program rudal dan luar angkasa China. Penelitiannya membantu mengembangkan roket yang menembakkan satelit pertama China ke luar angkasa, dan misil yang menjadi bagian dari persenjataan nuklirnya.

Dia dipuja sebagai pahlawan nasional. Tetapi di negara adidaya lain, tempat dia belajar dan bekerja selama lebih dari satu dekade, kontribusinya yang signifikan jarang diingat sama sekali.

Qian lahir pada 1911, ketika dinasti kekaisaran China terakhir akan digantikan oleh sebuah republik. Kedua orang tuanya berpendidikan tinggi dan ayahnya, setelah bekerja di Jepang, mendirikan sistem pendidikan nasional China. 

Terbukti berbakat sejak usia dini, dia akhirnya lulus sebagai yang terbaik di kelasnya di Universitas Shanghai Jiao Tong, memenangkan beasiswa langka ke Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat (AS).

Pada 1935, seorang pria muda yang berpakaian rapi tiba di Boston, Amerika Serikat. Di sana Qian mungkin pernah mengalami xenofobia dan rasisme, kata profesor sejarah di University of North Georgia, Chris Jespersen.

Patung Qian Xuesen di China.

Patung Qian Xuesen di China.

Photo :
  • Science
Halaman Selanjutnya
img_title