Genghis Khan, Kaisar Mongol yang Makamnya Misterius

Monumen Genghis Khan di Tsonjin Boldog, Mongolia.
Monumen Genghis Khan di Tsonjin Boldog, Mongolia.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Genghis Khan adalah seorang pejuang abad ke-13 di Asia Tengah yang mendirikan Kekaisaran Mongol membentang dari Samudra Pasifik hingga Eropa.

Banyak hal tentangnya yang masih belum diketahui. Misalnya, seperti apa sosoknya karena tidak ada satu pun potret asli pria itu, menurut Jean-Paul Roux, profesor emeritus di Ecole du Louvre dalam bukunya 'Genghis Khan and the Mongol Empire' (Thames & Hudson 2003).

Semua citra dirinya yang ada saat ini diciptakan setelah kematiannya atau oleh orang yang belum pernah bertemu dengannya.

Selain itu, sampai Khan menguasai orang Uighur, orang Mongolia masih tidak memiliki sistem penulisan. Dengan demikian, banyak catatan tentang dirinya yang masih ada ditulis oleh orang asing.

Satu catatan penting Mongolia yang berjudul The Secret History of the Mongol ditulis secara anonim beberapa saat setelah kematian Khan.

Dari apa yang dapat dikumpulkan oleh sejarawan modern, dia lahir sekitar 1160 Masehi dan meninggal dunia pada Agustus 1227 M. Kemungkinan penyebabnya adalah karena wabah pes saat melakukan kampanye melawan orang-orang Tangut.

Wilayah kekuasaan Genghis Khan, Kekaisaran Mongol.

Wilayah kekuasaan Genghis Khan, Kekaisaran Mongol.

Photo :
  • Shutterstock
Halaman Selanjutnya
img_title