Sexsomnia, Nikmatnya Ngeseks Tanpa Sadar

Ilustrasi seks/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Tekno  – Sexsomnia adalah gangguan tidur di mana seseorang secara tidak sadar melakukan perilaku seksual saat mereka sedang tidur. Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi perubahan gaya hidup telah terbukti efektif dapat mengatasi gangguan ini.

6 Cara Agar Seks Anda dan Suami Jadi Lebih Menggairahkan

Diperkirakan bahwa 7,1 persen dari populasi orang dewasa global akan mengalami sexsomnia di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut review tahun 2018 di Jurnal Cureus.

Itu juga dianggap lebih umum pada pria daripada wanita, menurut sebuah makalah tahun 2007 di jurnal Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, meskipun tidak jelas apa alasan dibaliknya, melansir dari situs Live Science, Jumat, 10 Februari 2023.

Terungkap! 7 Posisi Tidur Ini Bisa Menebak Kepribadian Anda

Sexsomnia terkadang disebut seks tidur, tetapi bisa melibatkan semua jenis perilaku seksual termasuk masturbasi, erangan, dan orgasme. Ini bisa menyusahkan dan memalukan bagi orang yang mengalaminya dan siapa pun yang berbagi kamar dengan mereka.

Perilaku ini diklasifikasikan sebagai parasomnia, sekelompok gangguan yang meliputi tidur sambil berjalan, mengigau, dan teror malam.

Pakar Ingatkan Bahaya Screen Time, Ini Durasi yang Disarankan untuk Anak Main Gadget Bun!

Parasomnia dikelompokkan berdasarkan tahap tidur. Beberapa terjadi selama tidur rapid-eye-movement (REM) yakni tidur ringan di mana otak kita aktif dan bermimpi dan beberapa terjadi selama tidur nyenyak atau non-REM.

Sexsomnia terjadi ketika otak tiba-tiba sebagian terbangun dari tidur nyenyak, non-REM, menurut laporan tahun 2010 di Jurnal Clinical Neurology and Neurosurgery. Orang tersebut secara teknis masih tertidur tapi mulai melakukan perilaku seksual tertentu.

Hampir semua episode diikuti oleh amnesia, kata Rexford Muza, seorang dokter tidur di Guy and St Thomas Hospital di Inggris. Selama episode, seseorang mungkin membelai dirinya sendiri atau pasangannya, berpotensi membuat suara atau gerakan seksual.

Ilustrasi tidur nyenyak

Photo :
  • Eat This

Sexsomnia dapat melibatkan tindakan seksual yang belum pernah dilakukan orang tersebut sebelumnya atau tidak akan pernah dilakukan ketika bangun, jelas Muza.

Ulasan tahun 2016 yang dipimpin oleh Muza dalam jurnal Current Opinion in Pulmonary Medicine menemukan bahwa wanita lebih cenderung melakukan masturbasi selama satu episode, sementara pria paling sering melaporkan memulai hubungan seksual dengan orang yang berada di tempat tidur di samping mereka.

Terkadang pasangan tidur akan bangun dan menyetujui meskipun orang dengan sexsomnia masih tertidur dan tidak ingat di pagi hari. Namun, ada kasus di mana tidak ada pihak yang terbangun, yang dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang serius.

Dari kasus sexsomnia yang difilmkan dalam penelitian laboratorium oleh Muza dan timnya, sebagian besar dipicu oleh pasangan yang berpindah tempat tidur.

Pengadukan ini kemungkinan menyebabkan gairah parsial di otak. Tapi apapun yang mengganggu tidur mendengkur, kebisingan eksternal atau perubahan suhu mendadak- bisa menjadi pemicunya.

Orang dengan apnea tidur obstruktif –di mana otot-otot tenggorokan sebentar-sebentar rileks dan menghalangi jalan napas selama tidur– dapat mengalami sexsomnia sebagai gejala, menurut Mayo Clinic.

Alasannya karena kesulitan bernapas menyebabkan mereka mengeluarkan suara terengah-engah atau tersedak di malam hari di mana itu sebagian bisa membangunkan otak.

Stres juga bisa menjadi pemicu. Dalam satu studi tahun 2019, diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neurology bahwa 80 persen peserta dengan perilaku motorik terkait tidur menemukan situasi stres dapat menyebabkan lebih banyak episode.

Sementara studi tahun 2023 di jurnal Military Medicine yang meneliti empat orang menyatakan bahwa stres dalam tugas militer dapat meningkatkan risiko anggota dinas untuk semua parasomnia non-REM.

Namun, libido yang tinggi bukanlah pemicu sexsomnia, kata profesor psikiatri, Carlos Schenck, "Tidak ada korelasi antara dorongan seksual yang tidak terpuaskan dan sexsomnia," katanya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya