Pola Diet Bisa Mempengaruhi Lingkungan, Kok Bisa?

Ilustrasi diet
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Cara paling trendy untuk menurunkan berat badan mungkin juga yang paling tidak sehat dan paling buruk bagi lingkungan kita, demikian temuan penelitian baru.

Benarkah Ada Plastik yang Bisa 'Bunuh Diri'

Orang-orang yang menurunkan berat badan beberapa kilogram sering beralih ke diet keto dan paleo, tetapi, menurut penelitian Universitas Tulane, metode penurunan berat badan tersebut mendapat skor terendah dalam kualitas nutrisi secara keseluruhan dan di antara yang tertinggi dalam emisi karbon, yang mana buruk untuk lingkungan.

"Kami menduga dampak iklim negatif karena mereka berpusat pada daging, tetapi tidak ada yang benar-benar membandingkan semua pola makan ini, karena mereka dipilih oleh individu, bukan ditentukan oleh para ahli satu sama lain menggunakan kerangka kerja ahli,” jelas penulis studi senior Diego Rose, melansir New York Post

Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Ilustrasi diet.

Photo :
  • U-Report

Diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, penelitian tersebut meneliti enam diet populer menggunakan data dari National Health and Nutrition Examination Survey oleh Centers for Disease Control and Prevention.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Diet diberi nilai poin berdasarkan Indeks Makan Sehat federal dan skor rata-rata dihitung untuk 16.000 peserta yang mengonsumsi setiap jenis diet.

Diet keto, yang dipuja selebritis seperti Gwyneth Paltrow, Halle Berry, dan Kim Kardashian, memprioritaskan lemak dalam jumlah tinggi dan karbohidrat dalam jumlah rendah. Diet tersebut diperkirakan menghasilkan sekitar 6,6 pon karbon dioksida untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi.

Diet paleo, yang menghindari biji-bijian dan kacang-kacangan demi daging, kacang-kacangan, dan sayuran, menerima skor kualitas diet terendah berikutnya dan juga memiliki jejak karbon yang tinggi, dengan 5,7 pon karbon dioksida per 1.000 kalori.

Miley Cyrus dan Uma Thurman adalah di antara pelaku diet paleo yang berfokus pada konsumsi makanan yang tidak diproses seperti yang dapat diburu atau dikumpulkan oleh orang-orang di Zaman Batu.

Pola makan vegan memiliki jejak karbon terendah, hanya menghasilkan 1,5 pon karbon dioksida per 1.000 kalori yang dikonsumsi, kurang dari 25 persen CO2 yang dihasilkan oleh diet keto.

Pola makan pescatarian (makan ikan, tetapi bukan daging seperti sapi) mendapat skor tertinggi pada kualitas nutrisi dari pola makan yang dianalisis, diikuti pola makan vegetarian dan vegan.

Ilustrasi menjaga lingkungan.

Photo :
  • U-Report

Studi ini menemukan pola makan omnivora (makan daging dan sayuran), pola makan yang paling umum, dikonsumsi oleh 86 persen dari mereka yang disurvei, berada di tengah-tengah untuk kualitas dan keberlanjutan.

Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2021 yang didukung oleh PBB menetapkan bahwa 34 persen emisi gas rumah kaca berasal dari sistem pangan, yaitu produksi pangan. Daging sapi bertanggung jawab atas delapan hingga 10 kali lebih banyak emisi daripada produksi ayam dan lebih dari 20 kali lebih banyak emisi daripada produksi kacang-kacangan dan polong-polongan.

Para peneliti mencatat bahwa jika sepertiga dari omnivora yang berpartisipasi mulai mengonsumsi makanan vegetarian, rata-rata 340 juta mil karbon dapat dihilangkan setiap hari.

“Perubahan iklim bisa dibilang merupakan salah satu masalah paling mendesak di zaman kita, dan banyak orang tertarik beralih ke pola makan nabati,” kata Rose.

“Berdasarkan hasil kami, itu akan mengurangi jejak kaki Anda dan secara umum sehat. Penelitian kami juga menunjukkan ada cara untuk meningkatkan kesehatan dan jejak kaki Anda tanpa meninggalkan daging sepenuhnya,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya