Ilmuwan Ungkap Asal Usul Manusia Masturbasi

Ilustrasi masturbasi.
Sumber :
  • IStock.com

VIVA Tekno – Hal ini memang sering dianggap sebagai hal yang tabu, meskipun menjadi sesuatu yang dilakukan banyak orang. Tetapi para ilmuwan mengesampingkan rasa malu untuk mempelajari tentang masturbasi dalam sebuah studi baru yang menyelidiki asal usul praktik tersebut.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Sementara penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa masturbasi hanyalah produk sampingan dari gairah seksual, tim dari UCL mengklaim bahwa perilaku tersebut sebenarnya melayani tujuan evolusioner, setidaknya pada pria.

Melansir Daily Mail, temuan mereka menunjukkan bahwa masturbasi berevolusi pada primata jantan untuk meningkatkan keberhasilan kawin dan membantu menghindari Infeksi Menular Seksual atau IMS.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Ilustrasi

Photo :
  • 602647

Namun, para ilmuwan mengakui bahwa ketika berbicara tentang wanita, mereka masih belum bisa mengerti asal usul masturbasi.

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Masturbasi tidak hanya dipraktikkan oleh manusia, yang mana masturbasi adalah hal umum di dunia hewan, terutama pada primata. Namun, hingga saat ini, bagaimana dan kapan hal itu menjadi lazim masih belum jelas.

Dalam studi baru, tim mengumpulkan kumpulan data masturbasi primata terbesar yang pernah ada, termasuk informasi dari hampir 400 sumber.

Analisis mereka terhadap data mengungkapkan bahwa masturbasi sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu dan kemungkinan bahkan dilakukan oleh nenek moyang monyet dan manusia.

Untuk memahami mengapa evolusi mempromosikan masturbasi, tim menguji beberapa teori. 'Hipotesis seleksi postcopulatory' menunjukkan bahwa stimulasi diri meningkatkan pembuahan, melalui berbagai cara. 

Pertama, masturbasi (tanpa ejakulasi) sebelum berhubungan seks adalah untuk meningkatkan gairah, sebuah taktik yang mungkin sangat berguna untuk pria berpangkat rendah yang cenderung terganggu saat berhubungan seks, dengan membantu mereka ejakulasi lebih cepat, menurut para peneliti.

Kedua, masturbasi (dengan ejakulasi) memungkinkan pejantan mengeluarkan air mani yang lebih rendah, meninggalkan sperma segar berkualitas tinggi yang tersedia untuk kawin.

Hipotesis berikutnya, yang disebut 'hipotesis penghindaran patogen', mengusulkan bahwa masturbasi mengurangi risiko IMS setelah berhubungan seks dengan membersihkan uretra.

Tim menemukan bukti yang mendukung kedua hipotesis ini.

Dr Matilda Brindle, penulis utama studi ini, mengatakan: "Temuan kami membantu menjelaskan perilaku seksual yang sangat umum, tetapi sedikit dipahami, dan mewakili kemajuan yang signifikan dalam pemahaman kita tentang fungsi masturbasi."

"Fakta bahwa perilaku autoseksual dapat melayani fungsi adaptif, ada di mana-mana di seluruh ordo primata, dan dipraktikkan oleh anggota kedua jenis kelamin yang hidup di penangkaran dan liar, menunjukkan bahwa masturbasi adalah bagian dari repertoar perilaku seksual yang sehat," ungkapnya. 

Tim mengakui masih belum tahu bagaimana atau mengapa masturbasi wanita berevolusi, namun sekarang berharap untuk menganalisis data lebih lanjut untuk memahami perannya.

Studi tersebut muncul tak lama setelah para peneliti dari University of Lethbridge mengungkapkan bagaimana kera, baik jantan maupun betina, sering menggunakan alat-alat batu sebagai mainan seks untuk menyenangkan diri mereka sendiri.

Tim mempelajari rekaman video kera ekor panjang yang ditangkap di Suaka Hutan Kera Suci dari 2016-2019. Dalam video tersebut, mereka melihat ratusan contoh monyet yang menggosok atau mengetuk alat kelamin mereka dengan batu saat dalam posisi duduk.

Jantan lebih banyak bermain dengan batu ketika penis mereka direntangkan dengan satu tangan atau tegak, yang menunjukkan bahwa tindakan itu untuk kenikmatan seksual, menurut para peneliti.

Kera

Photo :
  • 1428774

Namun, lebih sulit untuk memahami apakah betina menggosok batu untuk kesenangan seksual atau bukan. Mereka cenderung memilih batu yang lebih kasar untuk diterapkan pada alat kelamin mereka, yang menurut para peneliti dapat memberikan rangsangan yang lebih besar daripada batu yang halus.

Penelitian ini pun masih akan dilanjutkan an diharapkan bisa mengungkapkan evolusi masturbasi, terutama bagi wanita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya