Penasaran dengan Arti Kata Cuaks? Ini Penjelasannya

Ilustrasi orang membaca buku/kamus.
Sumber :
  • pixabay.com

Jakarta – Belum lama ini banyak kalangan masyarakat khususnya anak muda melontarkan kata-kata cuaks. Bahkan, kata cuaks sempat viral di TikTok dan media sosial lainnya pada awal 2023. Lantas, apa arti dari kata cuaks sebenarnya?

Melokal, Dahyun TWICE Fasih Bahasa Gaul Indonesia: Mantul!

Ilustrasi berteriak.

Photo :
  • inmagine
Atapu Artinya Apa? Bahasa Gaul Baru di TikTok yang Bikin Penasaran

Kata cuaks sering terdengar diucapkan di akhir sebuah kalimat oleh seseorang dalam sebuah konten media sosial. Salah satu contohnya:

"Katanya enggak suka, tapi diam-diam stalking sosmednya. Cuaks."

Bikin Ngakak! Lyodra Ajarin Calum Scoot Bahasa Gaul Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri tidak dapat ditemukan arti dari kata cuaks.

Tetapi, hanya ada hanya cuak yang memiliki arti binatang (seperti kerbau, gajah) yang digunakan untuk memikat. Selain itu, kata cuak lainnya berarti takut atau gentar serta mata-mata dalam perang.

Saat ini cuaks diucapkan layaknya bahasa gaul kalangan anak muda. Berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan Ristek bahasa gaul adalah salah satu cabang dari bahasa Indonesia yang diucapkan dalam bahasa pergaulan sehari-hari.

Bahasa gaul mulai popular pada 1980-an sebagai sarana komunikasi di antara remaja sekelompoknya selama kurun tertentu. Hal ini dikarenakan, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri.

Kamus bisa membantu dalam mengenal bahasa asing.

Photo :

Berdasarkan data yang dihimpun VIVA Tekno, secara umum penggunaan kata cuaks selalu diucapkan pada akhir sebuah kalimat dengan nada sindiran.

Ramai-ramai remaja mengekspresikan protesnya dengan akhiran ucapan cuaks. Bisa dikatakan jika cuaks adalah bahasa gaul memiliki arti yang buruk atau negatif terhadap suatu gagasan. Demikian penjelasan mengenai apa arti cuaks yang sempat viral di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya