Apakah Kaki Seribu Punya 1.000 Kaki?

ilustrasi kaki seribu.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Tekno – Hewan kaki seribu bukan termasuk dalam jenis cacing apalagi serangga. Serangga diketahui memiliki enam kaki, dan tentu saja kaki seribu memiliki lebih banyak dari itu. Jika ada yang mengatakan hewan itu mempunyai 994 kaki, dipastikan bahwa jawaban itu salah.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Para ilmuwan tidak memilih nama awalan Latin 'milli' yang berarti 1.000 sebagai cara untuk menunjukkan jumlah kaki yang dimiliki organisme tersebut. Julukan 'seribu legger' juga ternyata tidak akurat.

“Saya kira orang-orang yang melihat hal-hal ini dan menemukan nama-nama umum berkata, 'Wah, itu banyak sekali kakinya'. Agak membingungkan, begitu juga dengan kelabang. Hanya saja mereka sangat berkaki panjang,” kata Derek Hennen.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Kaki seribu termasuk dalam filum organisme yang disebut arthropoda, kategori yang mencakup invertebrata seperti laba-laba, kalajengking, dan kupu-kupu, menurut situs How Stuff Works, Rabu, 30 Agustus 2023.

Semua arthropoda memiliki kesamaan kerangka luar yang keras, tubuh tersegmentasi, dan kaki bersendi. Hal yang membedakan kaki seribu adalah setiap segmen tubuhnya mempunyai dua pasang kaki, bukan satu. Oleh sebab itu para ilmuwan juga menyebutnya sebagai diplopoda, yang berarti 'kaki ganda'.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Kaki seribu Illacme plenipes, hewan berkaki terbanyak di dunia

Photo :
  • Paul Marek

Memiliki banyak kaki membuat hewan itu sangat adaptif. Bukti fosil menunjukkan bahwa kaki seribu termasuk hewan darat pertama, yang berarti mereka telah ada sejak sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Pada masa tumbuhan runjung, sekitar 300 juta tahun yang lalu, spesies yang dikenal sebagai Arthropleura ini tumbuh dengan panjang 6,6 kaki (2 meter) dan lebar 1,6 kaki (0,5 meter). 

Saat ini ukuran kaki seribu berkisar dari 0,1 inci (3 milimeter) hingga sekitar 11 inci (0,3 meter). Sejauh ini, para ilmuwan telah menemukan sekitar 12.000 spesies di setiap benua kecuali Antartika, namun diperkirakan ada sebanyak 80.000 spesies.

“Setiap negara bagian memiliki beberapa kaki seribu yang hanya terdapat di sana, dan tidak ada di tempat lain,” kata Hennen yang juga menjalankan akun X atau Twitter bernama @DearMillipede, berisi segala hal tentang kaki seribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya