Beda Gerhana Matahari Total, Cincin, Hibrida dan Sebagian

Coronal mass ejection (CME) yang tertangkap saat Gerhana Matahari Hibrida.
Sumber :
  • Josef Kujal

VIVA Tekno – Fenomena alam berupa Gerhana Matahari Total atau GMT akan terjadi pada Senin, 8 April 2024. Sementara itu, ada yang namanya Gerhana Matahari Cincin.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Lantas, apa bedanya GMT dengan Gerhana Matahari Cincin? Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan Matahari.

Orang yang berada di tengah bayangan Bulan saat menabrak Bumi akan mengalami gerhana total. Langit akan menjadi gelap, seperti fajar atau senja.

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

Jika cuaca memungkinkan, orang-orang yang berada di jalur gerhana matahari total dapat melihat mahkota Matahari, atmosfer luar, yang biasanya tertutup oleh cahaya terang Matahari.

GMT adalah satu-satunya jenis gerhana matahari di mana orang dapat melepas kacamata gerhananya untuk sesaat (yang tidak sama dengan kacamata hitam biasa) dalam jangka waktu singkat ketika Bulan menutupi Matahari sepenuhnya.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Sementara Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, namun berada pada atau dekat titik terjauhnya dari Bumi. Karena jarak Bulan dari Bumi, Bulan tampak lebih kecil dari Matahari dan tidak menutupi Matahari seluruhnya.

Akibatnya, Bulan tampak sebagai piringan gelap di atas piringan terang yang lebih besar, sehingga menciptakan apa yang tampak seperti cincin yang mengelilingi Bulan.

Selain itu, ada dua Gerhana Matahari lagi. Sebagian dan Hibrida. Nah, Gerhana Matahari Sebagian terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, namun Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar sempurna.

Hanya sebagian saja dari Matahari yang tampak tertutup, sehingga berbentuk bulan sabit. Saat terjadi gerhana matahari total atau cincin, orang-orang di luar wilayah yang tertutup bayangan bagian dalam Bulan akan melihat Gerhana Matahari Sebagian.

Sedangkan, Gerhana Matahari Hibrida terjadi karena permukaan Bumi melengkung. Terkadang, gerhana dapat bergeser antara berbentuk cincin dan total seiring dengan pergerakan bayangan Bulan melintasi bumi. Inilah yang disebut Gerhana Matahari Hibrida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya