Berapa Jumlah Emas di Seluruh Dunia?

Ilustrasi emas batangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ada berapa banyak emas di dunia ini. Jawaban yang tak mudah ditebak. Tapi menurut data Worl Gold Council, saat ini ada 184 ribu ton yang ada di gudang bawah tanah bank, cadangan emas pemerintah dan koleksi personal.

Jumlah tersebut tergolong sangat banyak dengan mempertimbangkan kepemilikan cadangan emas negara yang masih dalam tingkat ribuan ton. Misalnya Amerika Serikat yang punya cadangan emas terbanyak di dunia.

Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya

Jumlah emas negeri Paman Sam ini mencapai 8.133,5 ton emas. AS punya cadangan emas terbesar dalam hal volume sejak 1952, yang mencapai 20.663 ton. Namun pada 1968, cadangan emas AS sempat mengalami penurunan di bawah 10 ribu untuk pertama kalinya.

Jumlah emas yang mencapai 184 ribu ton itu bila diletakkan dalam sebuah daratan, maka mencapai satu lapangan sepak bola penuh dengan tinggi lapisan bisa mencapai beberapa meter. Sebab ukuran satu meter kubik emas saja sudah melebihi 19 ton emas.

Jumlah 184 ribu ton emas itu adalah emas yang sudah sukses ditambang dan terdokumentasi. Nah bila bicara jumlah emas yang belum ditambang, dalam perut bumi maka jauh lebih sulit.

Dikutip dari Science Focus, Jumat 11 Desember 2015, analisis kimia sampel batuan menunjukkan emas ada pada beberapa bagian per miliar total massa kerak bumi. Dengan demikian berarti beberapa kilometer permukaan atas bumi memiliki satu juta ton emas yang masih menunggu untuk ditambang.

Tantangannya adalah tidak semua jumlah emas di dalam kerak bumi itu secara ekonomis bisa tidak menguntungkan untuk diekstrak mengingat upaya keras untuk menambangnya.

Dalam cacatan sejarah, upaya untuk mengeruk emas dari bagian bumi sudah pernah dilakukan oleh pakar kimia Jerman, Fritz Haber pada 1920-an. Saat itu Haber dimintai oleh negaranya untuk mendulang emas guna membiayai perbaikan negerinya dalam Perang Dunia I.

Saat itu Haber berupaya mendulang emas dari lautan. Dia berupaya mengekstrak material emas yang larut di dalam lautan dunia. Untuk mendulang emas di lautan, Haber yang belakangan memenangi nobel, menggunakan senjata kimia.

Saat itu Haber berhasi menemukan kandungan emas dalam lautan, namun konsentrasinya terlalu rendah untuk ditambang. Tercatat setiap liter air laut hanya mengandung sepertiga belas miliar gram emas.

Heboh Penemuan Harta Karun di Sungai Sebengkok Kalimantan
 Ilustrasi emas batangan.

Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar

Harga emas Antam hari ini dibanderol Rp611 ribu per gram.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016