Ini Website Pertama Kali Online di Dunia

Website pertama kali online
Sumber :
  • www.timeline.web.cern.ch

VIVA.co.id - Dalam era digital saat ini sudah banyak sekali website yang lahir dan menghiasi internet. Website yang muncul pun beragam kategori mulai dari berita, website informasi dan lainnya.

Nah, dari banyaknya website tersebut, tidak banyak yang tahu website apa yang pertama online. Jawabannya adalah website yang dikembangkan penggagas program World Wide Web, Tim Berners-Lee.

Jelang Natal pada 25 tahun lalu, tepatnya 20 Desember 2015, website besutan Berners-Lee online. Saat itu Berners-Lee telah menggambarkan bagaimana konsep dasar sebuah website. Ia juga telah menuliskan browser pertama dan peranti lunak server.

Halaman website itu pertama online terbatas pada fasilitas komputer NeXT di Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire (CERN) atau Organisasi Riset Nuklir Eropa, pada 20 Desember 1990. Dan baru bisa diakses publik pada Agustus 1991.

Website online pertama di dunia itu beralamat http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Website itu memuat informasi terkait proyek World Wide Web (WWW).

Melalui halaman tersebut, pengunjung website bisa mempelajari tentang hypertext, detail teknis dalam penciptakan halaman website sendiri.

Menurut keterangan dari Cern.cn, 21 Desember 2015, begitu website tersebut online, dikembangkan secara bertahap. Pada 10 Januari 1991, website online pertama kali itu diperluas untuk bisa diakses oleh komunitas pakar fisika energi tinggi.

Tercatat pada awal 1991 itu, sistem WWW pertama kali diluncurkan melalui program CERN. Website ini saat itu sudah menampilkan browser sederhana, peranti lunak server website dan sebuah library.

Pada masa ini, website itu juga kemudian makin dipakai luas oleh beberapa universitas dan peneliti laboratorium.

Kemudian pada 6 Agustus 1991,  Tim Berners-Lee mem-posting ringkasan proyek World Wide Web pada beberapa kelompok berita internet, termasuk alt.hypertext, yang menarik perhatian. Langkah ini kemudian menandai debut website tersebut untuk tersedia secara publik di internet.

Selanjutnya, hampir setahun setelah website tersebut online, yaitu 12 Desember 1991, server website tersebut untuk pertama kalinya dipasang di luar Eropa. Server luar dipasang di  the Stanford Linear Accelerator Center (SLAC), California, AS.

Kemudian pada 1993, National Center for Supercomputing Applications (NCSA), University of Illinois, AS merulis browser Mosaic yang dengan mudah menjalankan dan menginstal pada komputer biasa dan komputer Macintosh.

Unik, Baterai Berenergi Vitamin

Perkembangan selanjutnya, pada 30 April 1993, CERN merilis kode sumber WorldWideWeb. Saat itu WorldWideWeb menjadi peranti lunak gratis dan tersedia untuk semua. (ase)

Inilah tampilan situs yang online pertama kali

Sudah 25 Tahun, Ini Situs Website yang Pertama Kali Online

Situs ini dibuat pada 6 Agustus 1991.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016