31-08-1968: Operasi Transplantasi Multi Organ Pertama

Ilustrasi organ tubuh.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hari ini, 49 tahun silam merupakan hari bersejarah bagi para dokter. Sebab, operasi transplantasi multi organ untuk pertama kalinya berhasil dilakukan.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Operasi transplantasi multi organ, artinya organ-organ dari satu orang disumbangkan kepada beberapa orang yang membutuhkan organ.

Dilansir Today in Science, operasi ini dipimpin oleh Michael E. DeBakey, seorang dokter ahli bedah dari Houston, Texas, Amerika Serikat. Kala itu, seorang wanita berusia 20 tahun meninggal dunia karena tembakan.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Lalu, empat organ tubuh wanita itu, yakni dua ginjal, satu lobus paru-paru dan satu jantung, disumbangkan kepada empat pria berusia 50, 39, 41 dan 22 tahun.

Keempat pria tersebut dirawat di Methodist Hospital, Houston, Texas. Operasi dimulai delapan jam setelah kematian wanita tersebut.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Transplantasi multi organ dilakukan oleh lima tim yang berjumlah lebih dari 60 dokter, perawat dan petugas pendukung.

"DeBakey adalah pelopor dalam operasi kardiovaskular, yang telah menemukan atau menyempurnakan banyak alat, teknik dan prosedur medis," tulis Today in Science.

Ia lahir pada 7 September 1908 di Lake Charles, Louisiana. Kemudian dia Meninggal 11 Juli 2008 di usianya yang ke-99 di Houston. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya