Mengapa Air Laut Rasanya Asin?

Air laut yang biru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA.co.id – Saat berenang di laut, kadang tak sengaja kita meminum sedikit airnya dan rasanya cukup asin. Banyak yang beranggapan jika laut mengandung garam. Meski anggapan itu benar, lalu darimana sejatinya garam di air laut itu muncul?

Viral di Media Sosial, Motor Ini Ditandai oleh Warganet

Dilansir melalui The Conversation dalam programnya yang bertajuk I Have Always Wondered, air telah melarutkan garam yang terdapat di bebatuan. Garam itu kemudian dibawa sampai ke laut. 

"Saat air hujan terbentuk, mereka menyerap karbon dioksida dari air. campuran air (H2O) dan karbon dioksida (CO2), bereaksi membentuk asam karbonik (H2CO3). Asam karbonik inilah yang membuat air hujan sedikit asam," ujar Hellen Philips, peneliti senior untuk studi kelautan dan antartika dari University of Tasmania.

Prabowo Minta Satgas Unhan Kaji Solusi Rumah Warga Terdampak Naiknya Air Laut

Dijelaskannya, asam karbonik itu secara otomatis juga membuat pH air laut berbeda, sekitar 5,6. Sebagai perbandingan, air mineral yang biasa dikonsumsi manusia memiliki pH 7, yang artinya netral.

Jadi, kata Philips, hujan melarutkan garam dari bebatuan, kemudian garam dibawa melalui limpasan ke sungai sampai akhirnya menuju ke laut. Dalam data, sungai diperkirakan telah membawa hampir 4 miliar ton garam ke laut setiap tahun. 

Israel Mulai Banjiri Terowongan Hamas Dengan Air Laut

Lalu mengapa air sungai tidak asin? Sungai sejatinya masih menyimpan kandungan garam namun jumlahnya kecil sehingga rasa asinnya tidak setegas air laut. Karena semua air sungai berakhir di laut maka seluruh garam yang terkandung di air sungai pun menjadi terkonsentrasi ke laut. Lagipula, air sungai bukan satu-satunya pemberi kontribusi garam di laut. Selain air sungai dan bebatuan di laut, ventilasi hidrotermal di dasar laut dan gunung berap bawah laut juga memasok garam ke laut.

Menurut data National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), selama jutaan tahun, konsentrasi garam telah meningkat menjadi rata-rata 35 gram garam dalam setiap satu kilogram air laut. Bahkan jika garam di laut berhasil ditarik dan disebar, seluruh permukaan bumi akan tertutup dengan kedalaman garam setebal 150 meter.

 Media Briefing Progres Proyek Strategis Nasional dan Kebijakan Satu Peta Tahun 2024

Pemerintah Kaji Giant Sea Wall Masuk Jadi Proyek Strategis Nasional

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, proyek tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall berpotensi menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024