5 Fakta Menarik Khalifah Utsman Bin Affan, Nomor 4 Harus Dicontoh

Ilustrasi khalifah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Utsman bin Affan yang lahir '579 – 17 Juni 656 M/12 Dzulhijjah 35 H' adalah khalifah ketiga yang berkuasa pada tahun 644 sampai 656 dan merupakan Khulafaur Rasyidin dengan masa kekuasaan terlama. 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Sama seperti dua pendahulunya, 'Utsman termasuk salah satu sahabat utama Nabi Muhammad. Pernikahannya berturut-turut dengan dua putri Nabi Muhammad dan Khadijah membuatnya mendapat julukan Dzun Nurain (pemilik dua cahaya).

Di masa kekuasaannya, pemerintahan Islam memperluas wilayahnya ke Fars (sekarang Iran) pada tahun 650, dan beberapa wilayah Khorsn (sekarang Afghanistan) pada tahun 651. Penaklukan Armenia telah dimulai pada tahun 640-an.

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Berikut beberapa fakta menarik dari Utsman bin Affan, seperti dikutip dari orami, sebagai berikut:

1. Julukan Dua Cahaya

Buya Yahya Bongkar Hukum Memakai Baju Baru Ketika Lebaran, Ternyata Begini

Karena kepribadian yang dikenal ramah tamah, membuat dirinya menjadi orang tepercaya Nabi Muhammad SAW, beliau dijuluki sebagai 'Dhun-Nurain'yang artinya memiliki dua cahaya.

Utsman adalah salah satu dari 10 sahabat Nabi Muhammad yang diberi penglihatan terkait indahnya Surga, dia menjadi salah satu dari pemimpin yang menggantikan Nabi Muhammad SAW.

2. Memeluk Agama Islam

Utsman bin Affan memeluk agama Islam saat usianya 34 tahun, pada masa itu, Abu Bakar Al-Siddiq memanggilnya untuk masuk Islam mengikut sahabat Nabi lainnya.

Beliau diketahui tidak ragu sama sekali dan segera menanggapi panggilan Abu Bakar, ia adalah orang keempat yang memeluk agama Islam setelah Abu Bakar (RA), Ali ibn Thalib (RA) dan Zaid bin Haritsah (RA).

3. Masa Pemerintahan Utsman bin Affan

Utsman bin Affan adalah sahabat Nabi yang pertama kali melakukan perluasan Masjid al-Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah. Ia melakukan berbagai pembangunan baru untuk memperluas ajaran agama Islam.

Bahkan, beliau dipercaya juga membentuk angkatan laut yang cukup kuat, karena ketertarikannya pada agama Islam, ia pun juga termasuk dalam sosok yang menyusun ayat suci Al-Quran, semanjak itu, munculnya Al-Quran versi Utsman bin Affan yang mulai tersebar di penjuru dunia.

4. Pribadi Yang Mulia

Utsman bin Affan, ia dikenal memiliki kepribadian yang dermawan, ramah, sopan serta baik di mata masyarakat, karena kedermawanannya, ia pernah membeli mata air yang cukup bernilai dari seorang lelaki dari suku Ghifar.

Alih-alih dipakai untuk kepentingan pribadi, beliau mewakafkan mata air tersebut untuk kepentingan rakyat umum, pada masa pemerintahan Abu Bakar, Utsman juga pernah memberikan gandum yang diangkut dengan 1000 unta untuk membantu kaum miskin yang menderita di musim kering.

5. Hidup Bahagia

Umayah tinggal bersama Utsman hingga waktu kematiannya tiba. Utsman bin Affan lebih dulu ditinggal sang istri. ketika istrinya meninggal, kepribadian beliau tampak berubah. Beliau menjalani hari dengan kesedihan di wajahnya.

Rasulullah SAW datang kepada Utsman (R.A.) dan berkata, “Wahai Utsman, jika kami memiliki yang ketiga, kami akan menikahkan denganmu.”

Kepribadian dan sifat budi pekerti yang ia miliki membuat para wanita terpikat. Hingga pada akhirnya, Utsman bin Affan menikahi sekitar 8 wanita secara keseluruhan dan memiliki 9 putra.

Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024