Buat Fresh Graduate, Intip Program Sukses Melamar Kerja

Ilustrasi wawancara kerja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi para job seekers, berkesempatan mengikuti interview kerja di perusahaan yang kita inginkan tentu menyenangkan. Apalagi, setelah proses interview selesai, para kandidat tentu tidak sabar menunggu pengumuman panggilan kerja dari perusahaan tersebut.

Dokter Tirta Buka-bukaan: Masih Melamar Pekerjaan Meski Sudah Jadi Bos

Sayangnya, waktu tunggu ini seringkali cukup lama. Di Indonesia, pengumuman diterima atau tidaknya job seekers bisa memakan waktu hingga satu bulan, bahkan lebih.

Waktu tunggu tersebut hingga saat ini masih menjadi salah satu kendala proses rekrutmen atau hiring di Indonesia.

Dugaan Suap Rekrutmen PPPK, Polda Sumut Tetapkan Kadisdik Madina Jadi Tersangka dan Ditahan

Bagi job seekers, waktu penantian semacam ini memberikan ketidakpastian dan cukup menyita waktu.

Bagi perusahaan, hal ini juga menjadi hambatan dalam penyerapan tenaga kerja guna menunjang performa bisnis.

Catat, Ini 11 Tips Interview Kerja yang Harus Kamu Ketahui Agar Lolos Tahap Selanjutnya

Berbagai inovasi rekrutmen telah diciptakan guna memangkas waktu tunggu dan proses panjang interview kerja guna mengatasi kendala tersebut. Salah satunya lewat program one-day hiring, atau rekrutmen dan interview kerja satu hari, seperti yang diadakan oleh SPE Solution.

SPE Solution, salah satu perusahaan fintech terkemuka di Indonesia, menciptakan program one-day hiring bertajuk SPEedhunt.

Melalui SPEedhunt, kandidat kerja bisa langsung mengikuti seleksi penerimaan seperti psikotes hingga wawancara kerja dalam satu hari yang sama.

SPEedhunt tidak hanya berfungsi sebagai wadah bagi perusahaan untuk merekrut pekerja berkualitas dalam waktu yang singkat.

Tetapi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan para kandidat dalam menjalani proses seleksi dan interview kerja.

Program one-day hiring ini pertama kali dilaksanakan pada September 2019 silam dan diikuti oleh lebih dari 350 kandidat.

Dari keseluruhan peserta, dipilih beberapa kandidat yang mengisi berbagai bidang kerja di SPE Solution, mulai dari Divisi IT Development, Product Development , Divisi Business & Relationship, hingga HC-GA.

“Sebagai job seeker, saya merasa sangat terbantu dengan proses hiring yang cepat. Sehingga, saya tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil setiap proses seleksi dan tidak digantung,” terang Tiara Maulida, alumni SPEedhunt 2019 yang hingga kini bekerja sebagai People & Organizational Development di SPE Solution.

Pada Juli 2022 ini, SPE Solution akan kembali menggelar SPEedhunt.

Program rekrutmen ini terbuka bagi siapa saja, baik bagi fresh graduate maupun para pekerja yang ingin mencari kesempatan baru melamar kerja.

Namun, selain one-day hiring SPEedhunt, SPE Solution juga akan mengadakan program beasiswa bagi mahasiswa, bernama SPEcial Talent Scholarship.

Program beasiswa ini akan diberikan dalam bentuk pendanaan kuliah atau penelitian bagi mahasiswa dan kesempatan untuk berkarir sebagai programmer di SPE Solution langsung setelah lulus.

Sebelumnya, program ini ditujukan pada mahasiswa di daerah Yogyakarta, Solo, dan Malang.

Tetapi, SPE Solution berencana memperluas jangkauannya pada pertengahan tahun 2022 nanti.

“Kami mengadakan SPEedhunt dan SPEcial Talent Scholarship untuk mendapatkan kandidat-kandidat yang bertalenta secara lebih cepat dan tepat. Terlebih untuk program beasiswa, ini adalah cara SPE Solution untuk berkontribusi dan berinvestasi pada pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor pendidikan tinggi dan IT atau programming,” kata Rico L. Simarmata, CEO SPE Solution.

Segala informasi terkait SPEedhunt dan SPEcial Talent Scholarship 2022 dapat diakses melalui website dan media sosial SPE Solution.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya