7 Nama-nama Bintang, No 6 Jadi Nama Karakter di Sinetron

Ilustrasi Bintang Besar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nama-nama bintang bisa mencapai puluhan hingga ratusan, namun ada beberapa yang familiar terdengar oleh masyarakat dan sering dipelajari. Seperti diketahui, bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya yang disebabkan oleh reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi intinya. Nama-nama bintang banyak yang berasal dari bahasa Yunani dan juga bahasa Arab. Bahkan ada juga yang memiliki julukan dan makna dari nama tersebut.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Berikut nama-nama bintang yang telah dirangkum. Eits, ada yang dijadikan nama untuk pemeran di sinetron Tanah Air, lho. Apa itu?

1. Sirius

Tekuk AC Milan, Inter Milan Pastikan Scudetto Serie A 2023/24, Bintang Kedua!

Sirus adalah bintang paling terang. Nama ini diambil dari Bahasa Yunani dari kata “Seirios” yang artinya “berkilau”. Bintang ini ada di konstelasi Canis Mayor. Bintang ini diketahui penting bagi peradapan Mesir Kuno dan Jazirah Arab yang menjadi tanda banjir tahunan di Sungai Nil. Sirius terletak di konstelasi Canis Major dan dapat dilihat dengan jelas di Belahan Bumi Utara kita selama bulan-bulan musim dingin yang panjang. Perhatikan bahwa Sirius dapat dilihat dari mana saja di dunia, dengan pengecualian hanya wilayah paling utara planet kita.

Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara. Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, di mana dia mencapai meridian pada tengah malam. Meskipun berwarna putih hingga biru-putih, Sirius dapat disebut sebagai bintang pelangi, karena sering berkedip dengan banyak warna.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

2. Alfa Centauri

Alfa Centauri adalah bintang paling cerah dalam rasi Sentaurus. Walaupun tampak seperti satu titik dilihat dengan mata telanjang, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang. Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya.

Dengan deklinasi -60°50', Alpha Centauri dapat dilihat oleh sebagian besar yang berdiam di belahan bumi selatan. Bagi yang tinggal di lintang yang lebih tinggi dari 29°10’ selatan, Alpha Centauri akan menjadi bintang sirkumpolar. Penampakan terbaiknya adalah pada akhir bulan April atau awal Mei, saat ia berada di sekitar meridian pada tengah malam. Bersama dengan Beta Centauri, Alpha Centauri menjadi ’’pointer ke arah Crux’’. Dengan pointer ini orang dapat membedakannya dari crux palsu.

3. Vega

Vega adalah bintang yang dianggap memiliki warna dan ukuran visual nol. Setelah mengurangi nilai filter biru dan hijau, indeks warna BV adalah nol. Dari tanah, nol juga merupakan besaran yang tampak. Karena kecepatan rotasinya yang tinggi, selain perbedaan suhu permukaan yang signifikan, ia juga mengalami perataan yang tidak normal, mencatat suhu permukaan di khatulistiwa dan kutub. Salah satu kutub bintang mengarah ke Bumi.

Vega adalah bintang paling terang di konstelasi Lyra pada musim panas bagian utara. Pada malam musim panas di belahan bumi utara, sering terlihat di dekat zenith di pertengahan garis lintang utara. Dari garis lintang ke selatan, dapat dilihat di ufuk utara selama musim dingin di belahan bumi selatan. Garis lintangnya adalah + 38,78 °. Bintang Vega hanya dapat dilihat di lintang utara 51 ° S, jadi Vega tidak dapat dilihat di Antartika atau bagian paling selatan Amerika Selatan. Pada garis lintang + 51 ° LU, Vega berlanjut di atas cakrawala sebagai bintang sirkumpolar.

4. Rigel

Nama dari bintang Rigel diambil dari bahasa Arab yaitu kata Rigl Awza al-Yusra yang mempunyai makna “kaki kiri”. Bintang Rigel terletak di rasi bintang Orion dan termasuk bintang paling terang di rasi bintang tersebut. Bintang Rigel dikenal sebagai bintang raksasa berwarna putih kebiruan yang indah. Bintang Rigel merupakan bintang paling terang ketujuh di langit malam hari. Selain itu, bintang Rigel juga mempunyai sistem bintang tiga yang terdiri dari supergiant biru bintang Rigel A dan dua pengikutnya yang mempunyai ukuran lebih kecil dan cahaya yang lebih redup.

Usia dari bintang Rigel diprediksi sekitar 10 juta tahun, bintang ini jauh lebih muda dari matahari yang berumur lebih dari 4 miliar tahun. Bintang Rigel diprediksi hidup sekitar 10 juta tahun lagi sebelum bintang ini kehabisan pasokan hidrogen di dalam intinya. Berbeda dengan matahari yang terus menerus membakar hidrogen di intinya, sehingga diprediksi bisa hidup selama 5 atau 6 miliar tahun lagi. Ukuran bintang Rigel diprediksi akan membesar menjadi supergiant merah dalam beberapa juta tahun ke depan, lalu bintang ini akan meledak menjadi supernova dan menjadi objek paling terang di langit malam setelah bulan.

Bintang Rigel mempunyai julukan sebagai Beta Orionis, yang berarti bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion. Pemegang julukan Alpha Orionis adalah Bintang Betelgeuse. Meski menempati urutan sebagai Beta Orionis, pancaran cahaya dari bintang Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis. Hal ini terjadi karena besaran kecerlangan bintang Rigel mencapai 0,18 mag yang lebih terang dari besaran magnitudo Betelgeuse yang hanya 0,42 mag. Hal ini menjadi anomali dalam rasi bintang Orion, karena bintang Rigel yang lebih terang justru disebut sebagai Beta Orionis bukan Alpha Orionis.

5. Procyon

Nama Procyon berasal dari bahasa Yunani yang berarti "sebelum sang anjing (muncul)", "sang anjing" merepresentasikan "Dog Star". Sirius sehingga dapat diartikan "(berada) sebelum (bintang) anjing". Bersama Sirius, Procyon disebutkan pada banyak literatur kuno Babilonia dan Mesir Kuno.

Procyon adalah bintang paling terang di rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang tampak sebagai bintang tunggal dengan magnitudo tampak 0,34. Procyon sebenarnya adalah sebuah sistem bintang ganda yang terdiri dari sebuah bintang deret utama dengan kelas spektrum F5 IV-V, dinamai Procyon A, dan sebuah katai putih dengan kelas spektrum DA yang dinamai Procyon B. Pada jarak 3,5 parsec atau 11,41 tahun cahaya, Procyon menjadi salah satu bintang tetangga Matahari. Tetangga terdekat Procyon adalah Bintang Luyten, pada jarak 0,34 pc atau 1,11 tahun cahaya.

6. Aldebaran

Aldebaran adalah bintang paling terang keempatbelas setelah Acrux dan terletak di konstelasi Taurus. Aldebaran adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye.

7. Capella

Capella adalah bintang yang paling terang di rasi Auriga, tercerah keenam di langit malam dan tercerah ketiga in di langit utara setelah Arcturus dan Vega. Meskipun terlihat sebagai satu bintang, sebenarnya bintang ini terdiri dari dua bintang ganda.

Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol, Adi Vivid Agustiadi Bachtiar

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Sosok jenderal muda dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali jadi sorotan. Dia memiliki nama lengkap Brigadir Jenderal Polisi Adi Vivid Agustiadi Bachtiar.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024