UIN Tulungagung Mulai Gelar PTM 100 Persen untuk Semester II

Ilustrasi mahasiswa saat kuliah
Ilustrasi mahasiswa saat kuliah
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, mulai memberlakukan perkuliahan tatap muka secara penuh atau 100 persen khusus untuk mahasiswa semester 2 di kampus tersebut.

Kebijakan PTM 100 persen mulai Senin (14/3) itu diberlakukan dengan pertimbangan kondisi pandemi yang mulai stabil serta capaian vaksinasi di Tulungagung.

"Dengan memperhatikan perkembangan situasi pandemi, kami putuskan untuk melakukan PTM terbatas. Khusus mahasiswa semester 2 dilakukan PTM penuh, sementara semester 4 ke atas masih terbatas," kata Humas UIN SATU Ulil Abshor di Tulungagung, Selasa (15/3).

Menurut dia, pemberlakuan PTM saat ini masih menyesuaikan dengan kondisi terkini. Meski masih dinyatakan pandemi, penularan COVID-19 di Tulungagung mulai  cenderung landai.

"Kami tetap memantau perubahan kondisi. Jika di tengah jalan ada perubahan situasi, maka akan kami evaluasi," ujarnya.

Penerapan PTM 100 persen itu disambut suka-cita para mahasiswa, khususnya mereka yang masih duduk di bangku semester 2.

Sebab, momentum ini menjadi hari pertama mereka mengikuti perkuliahan tatap muka langsung dengan dosen, di ruang-ruang kampus UIN.

Sejak pagi para mahasiswa ini rela antre untuk mengikuti serangkaian pemeriksaan dalam rangka protokol kesehatan.

Seperti pengecekan status PeduliLlndungi di aplikasi yang tersedia, serta surat keterangan telah mengikuti program vaksinasi satu, dua dan tiga.

Selain masalah kondisi yang kian kondusif, Ulil menyampaikan bahwa PTM dianggap lebih efektif dalam perkuliahan dan untuk jadwal kuliah tidak ada pengurangan jam.

"Kami kembalikan pada fakultas masing-masing," katanya.

Ulil menyebut setidaknya lebih dari 66 persen mahasiswanya sudah menerima suntikan vaksin COVID-19. (antara)