8 Manfaat Sholat Hajat, Lengkap dengan Bacaan Doanya

ilustrasi sholat
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Manfaat sholat hajat bisa kita rasakan, ketika kita sudah rutin mengamalkan amalan sunnah satu ini. Rutin saja tidak cukup jika ingin merasakan manfaat sholat hajat, tapi juga kesungguhan dan niat semata-mata ingin mendekati diri pada Allah SWT.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Sholat hajat sendiri merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SWT. Di mana dalam Islam dijelaskan, jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan kebaikan. Sedangkan jika tidak, tidak akan berdosa. 

Manfaat sholat hajat sendiri sungguh luar biasa bagi setiap Muslim yang mengerjakannya. Di mana sholat hajat memiliki keutamaan dan keajaiban yang luar biasa.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Sholat hajat merupakan amalan sunnah yang dikerjakan, ketika seseorang mempunyai suatu keinginan ataupun hajat. Seseorang yang melakukan sholat hajat pastinya memiliki  harapan dan permohonan agar keinginan serta hajatnya bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

Niat sholat ghaib

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
Mualaf Marcell Siahaan Akui Tak Mudah Saat Jalani Salat 5 Waktu

Setiap orang tentu memiliki keinginan serta harapan dalam hidupnya, dan berharap semuanya bisa tercapai satu per satu. Meskipun rasanya mustahil untuk semuanya bisa tercapai, namun jika Allah SWT sudah berkehendak pasti semua bisa terwujud.

Oleh karena itu, ada banyak cara agar Allah SWT mau mendengar segala keinginan dan harapan hambanya. Salah satunya dengan melaksanakan sholat hajat. Dalam Islam, selain berusaha untuk mewujudkannya, hal tersebut juga bisa dibantu dengan menunaikan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dan sholat hajat bisa jadi salah satu pilihannya.

Setelah Anda mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dan rutin, barulah Anda akan rasakan manfaat sholat hajat yang sesungguhnya. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.” (HR Tirmdzi).

Waktu dan Jumlah Rakaat Pelaksanaan

Pelaksanaan Sholat. Sumber: Islampos

Photo :
  • vstory

Jumlah rakaat yang dilakukan dalam sholat hajat sendiri, dijelaskan melalui kitab Ihya Ulumuddin karya Al-Ghazali. 
Di mana, dijelaskan bahwa sholat hajat bisa dikerjakan sebanyak 2 rakaat hingga 12 rakaat.

Untuk waktu pelaksanaannya sendiri, sholat hajat lebih baik dilakukan pada malam hari atau di sepertiga malam, layaknya  menunaikan sholat tahajud. Kendati demikian, sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu yang dilarang. Beberapa waktu terlarang tersebut di antaranya;

- Dari salat Subuh hingga terbit matahari
- Dari matahari terbit hingga matahari meninggi (kira-kira 15  menit setelah matahari terbit).
- Ketika matahari di atas kepala, tidak condong ke timur atau ke barat dan hingga matahari tergelincir ke barat
- Dari salat Ashar hingga mulai tenggelam matahari
- Dari matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna (Minhah Al-‘Allamfii Syarh Bulugh Al-Maram, 2: 205)

Doa Sholat Hajat

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Pixabay/ Hamsan

Sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, hendaklah berdoa lebih dulu setelah menunaikan ibadah sholat hajat.  Di mana, pada waktu berdoalah semua akan dipertimbangkan oleh Allah SWT.  Dengan berdoa usai sholat hajat diharapkan akan ada kebaikan serta keberkahan yang didapat.  Pada saat berdoa, maka memohonlah dengan sungguh-sungguh pada Allah SWT atas hajat yang diinginkan.

Doa tersebut bisa berupa zikir maupun bacaan ayat-ayat Alquran. Dan berikut ini adapun doa dan zikir yang dapat Anda amalkan usai sholat hajat.

1. Membaca Istighfar

Dalam kitab Tajul jamil-lil-ushul dianjurkan membaca istighfar sebanya 100 kali, yaitu:

“Astaghfirullaha Robbii min kulli dzanbin wa atuubu ilayhi.” Artinya:“Aku Memohon ampunan kepada Allah Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu.”

2. Membaca Sholawat Nabi
Bacaan sholawat nabi yang dibaca 100 kali yakni:

“Allahumma sholli ‘alaa muhammadin sholaatar-ridhoo wardho ‘an ashaabir-ridhor-ridhoo.” Artinya: “Yaa Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhoi dan ridhoilah dari pada sahabat-sahabat sekalian.”

3. Membaca Doa Salat Hajat
Dalam kitab Al Adzkar, Imam Nawawi RA mencantumkan dua buah hadis terkait zikir dan doa salat hajat.  Pertama, adalah zikir salat hajat yang dibaca setelah selesai salat, yakni:

“Laa ilaaha illalloohul haliimul kariim. Subhaanalloohi robbil ‘arsyil ‘adhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As,aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaanima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birrin wa salaamata min kulli itsmin. Laa tada’lii dzamban illaa ghofartah. Walaa hamman illaa farrojtah. Walaa haajatan hiya laka ridhon illaa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Tiada Ilah Tidak kecuali Allah, Yang Maha Santun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan memperoleh rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh kebaikan dan selamat dari segala dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu keperluan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.” (HR Tirmidzi)

Sedangkan, doa sholat hajat yang shahih kemudian juga dicantumkan oleh Imam Nawawi dalam Al Adzkar adalah: 

“Alloohumma innii as-aluka wa atawajjahu ilaiku binabiyyika Muhammadin nabiyyir rohmati yaa Muhammad innii tawajjahta bika ilaa Robbii fii haajatii haadzihi fatuqdlo lii Alloohumma syafi’hu fiy.”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu dengan kebutuhanku ini agar dipenuhiNya. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Ada juga doa lain yang bisa dibacakan:

“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Segala Puji bagi Allah tuhan semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah.

Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang."

Atau bisa juga dengan membaca doa selanjutnya:

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya aku memohon kepada-Mu dengan serba keteguhan kemuliaan Arasy Engkau, dan sepucuk rahmat yang telah engkau tentukan dalam kitabmu, dan dengan nama-Mu yang Agung dan wajah-Mu yang maha Tinggi, dan kalimat-Mu yang maha sempurna. Ya Allah penuhilah hajatku … (sebutkan maksud yang ingin diperoleh).

Dan doa hajat yang terakhir yakni: “Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya: Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia karena sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu karena ilmu-Nya,

Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang memiliki anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang memiliki kekuatan.”

Manfaat Sholat Hajat

Ilustrasi menanam keikhlas.

Photo :
  • U-Report

Manfaat sholat hajat bisa didapatkan oleh orang-orang yang rutin dan bersungguh-sungguh menunaikan amalan ini. Salah satu manfaat sholat hajat itu sendiri yaitu mampu membuat hati dan pikiran jadi tenang. Selain itu, manfaat sholat hajat lainnya mampu mendekatkan kita pada Allah SWT. Tidak sampai disitu, masih ada beberapa manfaat sholat hajat lainnya yang perlu kamu ketahui.

1. Dikabulkannya Segala Keinginan

Manfaat sholat hajat yang utama yaitu dikabulkannya segala hajat atau keinginan para hambanya yang bersungguh-sungguh. 

Penjelasan mengenai hal ini terletak dalam sebuah keterangan oleh Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mengutip hadis shahih dari Abu Darda RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan salat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR Ahmad).

2. Raih Pahala Allah SWT

Manfaat sholat hajat selanjutnya yaitu meraih pahala dari Allah SWT. Mengerjakan sholat sunnah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW, apabila jika dikerjakan mendapatkan pahala begitu pun sebaliknya, tidak akan berdosa.

3.  Hati Jadi Terasa Tenang

Seperti yang sudah disampaikan di atas, jika salah satu manfaat dari sholat hajat yaitu bisa membuat hati jadi lebih terasa tenang.

Ketika hati tenang, maka pikiran dan tindakan akan selalu positif. Dan dari hati yang tenang juga maka segala masalah dan hajat bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

4. Ditinggikan Derajat hingga Diampuni Dosa

Siapa di antara mereka yang menjalankan sholat hajat dengan sungguh-sungguh karena niat Allah SWT, maka akan ditinggikan derajatnya hingga diampuni segala dosanya.


“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR Muslim).

5. Semakin Dicintai Allah SWT

Dalam Islam, Allah SWT mencintai hambanya yang selalu menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. 
Begitu juga ketika mengamalkan sholat sunnah ini, Allah semakin mencintai hambanya hingga dengan begitu doa pun akan cepat dikabulkan.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR Muslim).

6.  Lebih Berserah Diri pada Allah SWT

Sesungguhnya  Allah SWT sangat menyukai umatnya ketika sedang memohon atau menghadapnya dengan rasa pasrah dan menyerahkan segala sesuatunya pada sang pencipta.

Dalam hal ini, manusia tanpa Allah SWT tidak akan jadi apa-apa. 

7. Motivasi Lebih Giat

Manfaat salat hajat bisa membuat seseorang lebih rajin. Ini akan membuat seseorang termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia.

8. Dijauhi dari Kesulitan

Manfaat sholat hajat yang terakhir yaitu, bisa menjauhi kita dari segala kesulitan. Seorang muslim yang tengah mendapat kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat. 

Seorang muslim tersebut juga dianjurkan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT usai sholat hajat. Lantaran, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.
 

Bengkel motor viral di media sosial.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Video viral ini berawal ketika motor seorang pengendara mengalami rantai putus saat waktu maghrib tiba, tepat di depan sebuah bengkel yang masih buka.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024