Profesor Teknik UMB Teliti Robot Berbasis Perilaku

Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng sebagai Guru Besar Teknik Elektro UMB
Sumber :
  • umb

VIVA – Kemajuan teknologi robotika saat ini telah mengantarkan umat manusia pada level perkembangan teknologi mutakhir. Saat ini berbagai macam robot berhasil diciptakan untuk membantu dan memudahkan kehidupan manusia. 

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Beberapa tahun terakhir pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan kewarganegraan kepada robot Bernama Sophia. Sophia adalah robot humanoid yang dapat berpikir dan berperilaku layaknya seorang manusia. 

“Sejatinya, prinsip teknologi robotika diilhami dari prinsip kehidupan manusia. Manusia beraktivitas berdasarkan prinsip sense – think – act (merasakan – berfikir – bertindak),” kata Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, dalam orasi ilmiah pada acara pengkukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana, di Kampus Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta Barat, Rabu, 23 Maret 2022.

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, merupakan  Guru Besar Terbaru yang dimiliki oleh Fakultas Teknik UMB memiliki konsentrasi pada penelitian robot berbasis perilaku. Andi mengatakan robotika merupakan bidang yang menjadi salah satu pendukung terwujudnya system teknologi berbasis Revolusi Industri 4.0. 

“Robot berbasis perilaku atau Behavior Based Control Architecture membagi fungsi robot dalam beberapa behavior, di mana behavior dihubungkan dengan beberapa sensor,” ujar Andi dalam keterangannya.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Dalam acara pengukuhannya sebagai guru besar yang dilakukan secara hybrid tersebut selain dihadiri oleh Nurani Pudjiastuti, Dipl. FM, Sekretaris Yayasan Menara Bakti, juga dihadiri oleh keluarga dari Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng dan jajaran rektorat UMB.

Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024