5 Doa Nabi Yunus, Agar Diberi Jalan Keluar Dalam Kesulitan Hidup

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Doa Nabi Yunus. Salah satu mukjizat nabi Yunus merupakan masih bisa bertahan hidup di dalam perut ikan paus ketika perjalanan laut yang dilanda badai besar, mukjizat itu sekaligus teguran dari Allah SWT karena nabi Yunus telah meninggalkan umatnya untuk didakwahi atas perintah Allah.

Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Di dalam ikan paus itu, Nabi Yunus sangat menyesali perbuatannya dan memohon kepada Allah, Nabi Yunus meminta kepada Allah agar bisa dikeluarkan dari perut paus hidup-hidup agar bisa kembali menyiarkan perintah Allah untuk mengajak umatnya ke jalan Tauhid.

Allah pun mengabulkan permintaan dari Nabi Yunus dan doa permintaan Nabi Yunus menjadi salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh kaum muslim ketika ingin meminta sesuatu kepada Allah seperti dikeluarkan dari rasa kesulitan hidup.

Hakim MK Sentil Paspampres, Pria Ngaku Nabi Ditangkap, dan PKS Tak Hadir

Allah senantiasa memberikan suatu cobaan kepada manusia berupa kesulitan maupun rasa senang, hanya orang yang beriman akan selalu berdoa kepada Allah ketika mendapatkan suatu kesulitan atau ujian yang menimpanya, berdoa juga salah satu bentuk pengharapan hambanya kepada Allah.

Doa Nabi Yunus dalam perut ikan paus merupakan salah satu permohonan agar Allah mengabulkan segala permintaan dan dijauhkan dari kesulitan hidup.

Pria di Tebing Tinggi yang Ngaku Nabi Mau Bubarkan Islam jadi Tersangka dan Ditahan

Berikut beberapa cara Doa Nabi Yunus yang bisa Kamu panjatkan ketika dalam keadaan sulit dalam hidup, seperti dikutip dari berbagai sumber berikut:

1. Doa Nabi Yunus

berdoa

Photo :
  • pixabay

Doa Nabi Yunus merupakan doa yang mustajab hal ini pun diabadikan dalam ayat suci Al-Quran, hampir setiap muslim selalu mengamalkan Doa Nabi Yunus ketika mendapatkan suatu ujian, doa Nabi Yunus dipanjatkan ketika ia berada di dalam perut paus.

Nabi Yunus memanjatkan doa selama 40 hari secara terus menerus dengan kesungguhan hatinya, dengan segala kesungguhan Nabi Yunus berdoa kepada Allah. Allah pun mengabulkan segala kesulitan Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari dalam perut Paus.

2. Bacaan Doa Nabi Yunus

Niat puasa Ayyamul Bidh

Photo :
  • U-Report

Ketika Nabi Yunus berada di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus terlihat kagum dengan segala ciptaan Allah yang ada di dalam perut Puas, bahwa ikan pun semuanya bertasbih dan menyebut nama Allah. Selain itu Nabi Yunus juga sadar atas segala kesalahannya sebagai  utusan Allah yang telah melalaikan perintah-Nya yang tidak bisa sabar menghadapi kaumnya sendiri, kemudian Nabi Yunus langsung meminta ampun dan beroda, berikut doanya:

"Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin" yang artinya "Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim"

3. Keutamaan Doa Nabi Yunus

niat puasa

Photo :
  • U-Report

Di balik doa Nabi Yunus di dalam perut ikan memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa ketika anda memanjatkan doa ini, Doa Nabi Yunus merupakan salah satu bentuk pengakuan doa kepada Allah dan kezaliman yang pernah dilakukannya sekaligus mengakui atas maha kuasanya Allah, seperti dalam surat Al Anbiya Ayat 87.

"Wa zan-nni iz zahaba mugadiban fa zanna al lan naqdira 'alaihi fa nada fiz-zulumati al la ilaha illa anta sub-hanaka inni kuntu minaz-Zalimin"

yang artinya "Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ‘Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim"

Seperti dijelaskan dalam tafsir Al Muyassar, Dan ingatlah kisah seorang yang ditelan ikan, yaitu Yunus bin Matta. Allah mengutusnya sebagai rasul kepada kaumnya, maka dia mendakwahi mereka, namun mereka tidak beriman. Lalu dia mengancam mereka dengan siksaan namun mereka tetap tidak mau kembali (bertaubat). 

Dan dia tidak dapat lebih bersabar dalam menghadapi mereka sebagaimana yang diperintahkan Allah kepada nya. Dia pun pergi dari tengah mereka dalam keadaan marah kepada mereka, merasa sempit dada lantaran penentangan mereka. Dan dia menyangka bahwa sesungguhnya Allah tidak akan menyulitkan dan menghukumnya terhadap pelanggaran atas perintah Allah ini.

Maka Allah mengujinya dengan kesempitan yang dahsyat dan tertahan, dan ikan besar menelannya di dalam lautan. Lalu dia menyeru Tuhannya dalam kegelapan malam, laut dan gelapnya perut ikan dengan bertaubat dan pengakuan akan kezalimannya karena meninggalkan kesabaran dalam menghadapi kaumnya dengan berucap.

Dalam doa Nabi Yunus ada tiga keutamaan atau keistimewaan yang terkandung dalam doa Nabi Yunus, sebagai berikut.

- Pengakuan Tauhid Bahwa Allah SWT adalah tuhan yang agung dan esa.
- Pengakuan terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.
- Permohonan pengampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. 

keutamaan atau keistimewaan dari doa Nabi Yunus diabadikan dalam ayat suci Al-Quran pada surat Al Anbiya  ayat 87-88.

4. Manfaat Doa Nabi Yunus

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik

Tidak hanya memiliki keutamaan dan keistimewaan, doa Nabi Yunus juga memiliki banyak manfaat karena merupakan salah satu yang paling cepat diijabah oleh Allah, Bahkan Nabi Muhammad juga mengungkapkan akan kehebatan doa dari Nabi Yunus, berikut beberapa manfaat doa Nabi Yunus, sebagai berikut.

- Keinginan dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Yunus memanjatkan doa ini ketika berada di dalam perut ikan paus. Beliau meminta pertolongan Allah SWT agar bisa dikeluarkan dari perut paus. 

- Mendapatkan pahala seperti orang yang mati syahid. Setiap muslim pasti bermimpi meninggal dunia dalam keadaan terbaik, salah satunya yaitu dengan mati syahid. Allah SWT menjanjikan surga bagi orang-orang yang meninggal dalam keadaan syahid.

- Dimudahkan dari kesulitan. Setiap ujian yang diberikan oleh Allah SWT pasti ada jalan keluarnya. Allah SWT tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan seseorang.

5. Waktu yang Tepat Untuk membaca Doa Nabi Yunus

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Menjalani doa yang paling mustajab, doa Nabi Yunus sering diamalkan oleh beberapa dikalangan para ulama, banyak ulama yang membacanya seperti Nabi Yunus yaitu 40 kali setelah sholat subuh tanpa putus.

Ada juga ulama yang membaca doa Nabi Yunus setiap hari sebanyak 1000 kali sebagai bentuk permohonan pengampunan dosa. Berdasarkan riwayat Al-Hakim yang disebutkan Sa'ad bin Abi Waqqash, membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali ketika sakit, kemudian meninggal, maka saat meninggal tersebut pahalanya seperti mati syahid.

Desain Peringatan Maulid Nabi Muhammad Oleh Ahmad Alfariqi

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Ternyata tugas mulia yang utama dari Nabi Muhammad SAW ini sejatinya bukan diperintah untuk membuat semua orang yang ada di dunia menjadi pemeluk agama Islam tapi rahmat.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024