5 Doa Sholawat Nabi yang Bisa Dibaca untuk Menambah Amalan

Doa sholawat nabi
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA – Doa sholawat nabi memang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim sebagai bentuk amalan yang dipanjatkan untuk Nabi Muhammad SAW. Setiap umat yang membaca doa sholawat nabi ini tentunya akan mendapatkan berbagai manfaat dalam kehidupan. Selain itu, saat membacanya kita juga akan merasakan ketenangan dan kedamaian dalam diri. 

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Bahkan hukum membaca sholawat nabi telah tercantum di dalam Alquran dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang bunyinya sebagai berikut:

“Innallaaha wa malaaa'i katahuu yusalluuna 'alan Nabiyy; yaaa aiyuhal laziina aamanuu salluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa.”

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya”

Doa sholawat nabi yang dibacakan akan menjadi sebuah keberkah untuk kita dan memberikan pahala yang nantinya bisa menjadi syafaat saat kita berada di akhirat nantinya. Lalu, apa saja doa sholawat nabi yang bisa dibaca? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini doa sholawat nabi dalam bacaan latin beserta artinya. 

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

1. Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah

Photo :
  • Iqra.id

Disebut sebagai Sholawat Nariyah karena bacaan ini disusun dan dibuat oleh Syekh Nariyah, salah satu Syekh yang pernah hidup saat zaman Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaan Sholawat Nariyah dengan latin dan artinya:

“Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

2. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat Ibrahimiyah

Photo :
  • YouTube

Sholawat Ibrahimiyah ini merupakan bacaan doa yang selalu dipanjatkan kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS. Berikut ini bacaan doa Sholawat Ibrahimiyah dengan latin beserta artinya: 

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

3. Sholawat Nur Al-Anwar

Sholawat Nur Al-Anwar

Photo :
  • YouTube

Selanjutnya ada sholawat nabi dengan bacaan yang pendek yakni adalah Sholawat Nur Al-Anwar. Berikut ini bacaan Sholawat Nur Al-Anwar dengan latin beserta artinya: 

“Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.”

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad SAW yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

4. Sholawat Fatih

Sholawat Fatih

Photo :
  • Twitter

Sholawat Fatih merupakan bacaan doa sholawat yang cukup pendek. Berikut ini bacaan Sholawat Fatih dengan latin beserta artinya: 

“Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzhim.”

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

5. Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat

Photo :
  • YouTube

Sholawat Munjiyat ini memiliki banyak keberkahan dan manfaat bagi mereka yang membacanya. Biasanya doa sholawat nabi untuk Sholawat Munjiyat dianjurkan untuk dibaca setelah melakukan sholat hajat merupakan sholawat penyelamat. Berikut ini bacaan Sholawat Munjiyat dengan latin beserta artinya: 

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.”

Itulah beberapa bacaan doa sholawat nabi yang bisa dibaca oleh para umat muslim sebagai bentuk amalan yang dipanjatkan untuk Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Seperti yang diketahui bahwasanya Allah SWT sangat senang dengan hambanya yang suka berdoa. Jadi, bacalah doa sholawat nabi di atas dalam kehidupan sehari-hari kamu agar hidupmu senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Semoga tulisan ini juga dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Saipul Jamil

Berangkat Naik Haji, Saipul Jamil Ingin Bacakan Doa Ini di Depan Ka'bah

Saipul Jamil pun menuturkan sejumlah hal terkait keberangkatan dirinya menjadi salah satu jemaah ibadah haji tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024