Hadist Tentang Sedekah, Ayat Alquran dan Keutamaan Bersedekah

Sedekah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hadist Tentang Sedekah. Bersedekah merupakan salah satu bentuk untuk menjaga tali silaturahmi bersama saudara, dengan sedekah tidak hanya memperkuat tali persaudaraan anda akan tetapi bisa memperoleh pahala dan berkah yang luar biasa dan kenikmatan yang tak terputus.

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Dalam Islam, sifat dermawan dan saling menolong merupakan sifat yang harus dimiliki, oleh karena itu, beberapa hadist dan ayat Al-Quran yang memerintahkan seorang muslim harus bersedekah. Bersedekah itu memiliki tujuan untuk memiliki rasa syukur terhadap rezeki apa yang telah Allah berikan kepada anda, selain itu juga mewujudkan rasa kesadaran sosial yang tinggi dan terwujudnya masyarakat yang gemar tolong menolong.

Selain itu juga, ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan dalam melakukan sedekah, baik itu dari yang memberikan sedekah atau yang menerima sedekah, terlebih jika sedekah dilakukan pada bulan Ramadhan ini akan menjadi suatu pahala yang sangat besar.

Jemput Lailatul Qadar, Lazis NU Pesanggrahan Ajak Sedekah Yatim Duafa

Sedekah tidak hanya soal memberi uang saja, sehingga membuat dari sebagian orang berpikir kembali untuk melakukan sedekah, hal selain uang pun bisa saja dikatakan sebagai sedekah, seperti menolong orang dalam kesusahan hidup dan membatu memikirkannya itu juga sebagai salah satu bentuk sedekah.

Berikut beberapa hadist tentang sedekah dan keutamaan dalam melakukan sedekah, seperti dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

Punya Utang Tapi Nekat Bagi-bagi THR ke Saudara, Buya Yahya: Cuma Pengen Disanjung

1. Hadist Tentang Sedekah

Ilustrasi sedekah kurma

Photo :
  • U-Report

- Hadist tentang Sedekah sebagai pelindung musibah, seperti diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi, Rasulullah bersabda, yang artinya "Sedekah menutup 70 pintu keburukan"

- Hadist tentang sedekah dan doa malaikat, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, Rasulullah bersabda yang artinya "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa, Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya"

- Hadist tentang sedekah dapat mencegah masuk neraka, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Thabrani, Rasulullah bersabda yang artinya "Wahai Aisyah, halangilah dirimu dari neraka meskipun dengan sebiji kurma, karena hal itu bisa menutupi orang lapar dari kelaparan."

- Hadis tentang sedekah bisa menjauhkan dari murkanya Allah, seperti diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi, Rasulullah bersabda yang artinya "Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek"

2. Ayat Al-Quran tentang sedekah

keajaiban orang bersedekah

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa ayat Al-Quram yang memerintahkan untuk sedekah, yang bisa menjadikan pedoman dalam menjadikannya kebiasaan yang baik yang dapat mendapatkan banyak sekali pahala ketika anda melakukan banyak sedekah.

- Ayat Al-Quran tentang sedekah dan kematina, seperti dijelsskan dalam suruat Al-Munafiqun: 10, "Wa anfiqu mimma razaqnakum ming qabli ay ya`tiya a?adakumul-mautu fa yaqula rabbi lau la akhkhartani ila ajaling qaribin fa assaddaqa wa akum minas-salihin"

Artinya "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

- Ayat Alquran tentang Sedekah dan Keutamaannya, seperti dijelaskan dalam Surat Al-Hadid: 18. "innal-mussaddiqina wal-mussaddiqati wa aqra?ullaha qardan hasanay yuda'afu lahum wa lahum ajrung karim"

Artinya "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak

- Ayat Alquran tentang Sedekah yang Diganti oleh Allah, seperti dijelaskan dalam surat Saba:39. "Qul inna rabbi yabsutur-rizqa limay yasya`u min 'ibadihi wa yaqdiru lah, wa ma anfaqtum min syai`in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur-raziqin"

Artinya "Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya"

- Ayat Alquran tentang Sedekah 700 Kali Lipat, seperti dijelaskan dalam surat Al-Baqarah:261 "Masalullazina yunfiquna amwalahum fi sabilillahi kamasali ?abbatin ambatat sab'a sanabila fi kulli sumbulatim mi`atu ?abbah, wallahu yu?a'ifu limay yasya`, wallahu wasi'un 'alim"

Artinya "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui"

- Ayat Al-Quran tentang sedekah saat lapang dan sempit, seperti dijelaskan dalam Surat Ali Imran:134 "Allazina yunfiquna fis-sarra`i wa?-?arra`i wal-kaziminal-gaiza wal-'afina 'anin-nas, wallahu yuhibbul-muhsinin"

Artinya "yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan"

3. Manfaat Sedekah

Ilustrasi sedekah.

Photo :
  • U-Report

Allah sangat menyukai orang yang selalu berbuat sedekah, bentuk sedekah juga sangat beragam, selain dengan harta, seseorang bisa bersedekah dalam bentuk ibadah lainya, seperti menafkahi keluarga dan mengajarkan ilmu.

Maka dari itu ada banyak manfaat sedekah yang dijanjikan oleh Allah sebagai salah satu perbuatan baik bagi seseorang yang sedekah, berikut beberapa di antaranya.

- Dapat menghapus Dosa

Rasulullah memberikan contoh dalam haditsnya mengenai keutamaan bersedekah yang artinya "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api," (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Jadi tidak hanya sekedar bersedekah saja untuk bisa diampuni dengan segala dosa, akan tetapi harus dibarengi dengan bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi segala perbuatannya.

- Mendapatkan Syafaat

Orang yang gemar melakukan sedekah, maka akhir akan mendapatkan Syafaat dari Nabi, seperti yang dijelaskan dalam hadist mengenai manfaat bersedekah "Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya," (HR Bukhari).

- Menjadi Bukti Keimanan

Manfaat sedekah tidak hanya dirasakan oleh penerima, tapi orang yang bersedekah pun akan merasakan manfaatnya, bisa jadi sedekah juga bisa menjadi alasan yang menunjukan rasa bersyukur bagi seseorang, seperti dalam hadits Rasulullah "Sedekah adalah bukti," (HR Muslim).

Ada beberapa penjelasan mengenai hadits ini salah satunya Imam Nawawi yang mengatakan "itu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)"

- Dapat memperpanjang Usia

Melakukan sedekah dapat memperpanjang usia, maksud dalam memperpanjang usia disini, bukan berarti umur kita akan lama, tapi selama kita hidup di dunia ini akan dipenuhun dengan keberkahan yang sangat panjang, seperti dalam hadits Rasulullah yang artinya

"Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri," (HR Thabrani).

Ilustrasi kiamat.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Kehidupan dunia akan berakhir usai datangnya hari kiamat. Menurut sebuah hadits, hari tersebut akan berlangsung selama 50 ribu tahun. Bergini penjelasannya lebih lanjut

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024