Bacaan Doa Masuk Kamar Tidur Beserta Amalan yang Dapat Dilakukan

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Doa masuk kamar tidur patut dibaca setiap hendak memasukinya. Apalagi kamar tidur merupakan salah satu ruangan di rumah yang sangat sering kita masuki. Doa masuk kamar tidur berikut yang wajib Anda ketahui lantaran kegiatan masuk ke kamar tidur dilakukan setiap hari. Terlebih doa ini baik diamalkan ketika kamu hendak beristirahat dan tidur di malam hari. Berikut bunyi doa masuk kamar tidur yang dapat diamalkan:

Apakah Tidur Saat Puasa Bernilai Ibadah? Begini Penjelasan Ulama

"Alhamdulillahillazi ath’amana wa saqona wa kafana wa awana fakam mimman la kafiya lahu wala mu’wiya"

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, menjaga serta melindungi kami. Betapa banyak orang yang tidak memiliki penjaga serta pelindung."

Terpopuler: 3 Waktu Mustajab Dikabulkan Doa, Cara Ingatkan Orang Lupa Makan saat Lagi Puasa

Dalil doa di atas berdasarkan hadis riwayat Imam Tirmizi dari Anas Bin Malik yang artinya: “Sesungguhnya Rasulullah saw. ketika menuju tempat tidurnya, beliau mengucapkan, ‘Alhamdulillahillazi ath’amana wa saqona wa kafana wa awana fakam mimman la kafiya lahu wala mu’wiya.’”

Doa sebelum tidur dan bangun tidur hendaknya dipanjatkan karena berharap ridho  Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dengan doa tersebut, kita mendapatkan keberkahan selama tidur maupun saat bangun. Tidur diharapkan dapat memberi kenyamanan dan terlelap agar tubuh dapat kembali segar bugar di esok harinya. Tidur berkualitas juga sangat diharapkan demi kesehatan tubuh di masa yang akan datang.

7 Trik Simpel Bikin Kulit Sehat Sekaligus Glowing, Lakukan dengan Rutin Ya!

1. Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur bertujuan untuk menghindari mimpi buruk serta mendapatkan perlindungan dari Sang Pencipta.

Berikut ini merupakan bacaan doa sebelum tidur dalam Islam yang sebaiknya dilantunkan sebelum seseorang terlelap.

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

2. Doa Bangun Tidur

Setelah bangun dari tidur nyenyak, Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk membaca doa ketika membuka mata atau terbangun dari tidur.

Alhamdullillahilladzi Ahyaanaa ba'damaa Amaatanaa wa ilaihin Nusyuur

"Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan." (HR Al-Bukhari).

6 Adab Tidur Ajaran Rasul

Mengutip dalam berbagai sumber, terdapat beberapa tata cara yang dilakukan oleh Rasulullah. Mengingat bahwa Rasulullah SAW adalah panutan bagi setiap pemeluk agama Islam, setiap adab yang diajarkan oleh beliau mengandung makna-makna baik dalam kehidupan.

1. Posisi tidur miring ke arah kanan

Faktanya ajaran Rasulullah yang menyarankan untuk memposisikan tidur ke arah kanan juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan, yakni mengurangi risiko terjadinya kegagalan jantung yang terjadi karena jantung tertindih oleh organ lain.

2. Meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan

Dari Hudzaifah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa "Nabi SAW jika ingin tidur di malam hari, maka beliau meletakkan tangannya di pipinya (yang kanan), kemudian mengucapkan, Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup)."

3. Tidak tidur dengan posisi tengkurap

Perlu anda ketahui bahwa tengkurap merupakan salah satu posisi tidur yang sangat tidak disukai oleh Allah SWT, hal ini diceritakan melalui riwayat yang artinya:

“Bapakku menceritakan kepadaku bahwa ketika aku tidur di masjid di atas perutku (tengkurap), tiba-tiba ada seseorang yang menggerakkan kakiku dan berkata, ‘Sesungguhnya tidur yang seperti ini dimurkai Allah.’ Bapakku berkata, ‘Setelah aku melihat ternyata Beliau adalah Rasulullah SAW’,” (HR. Thabrani).

4. Tidur lebih awal

Hal ini dijelaskan melalui salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah yang artinya: "Bahwasanya Rasulullah SAW membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya." (HR. Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647).

5. Membaca doa dan ayat kursi sebelum tidur

Jangan lupa juga untuk membaca doa sebelum tidur seperti yang telah dijelaskan di atas. Agar lebih sempurna, kalian juga bisa membaca ayat kursi sebelum tidur.

6. Memadamkan lampu

Mengutip dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics, terdapat dampak pada jam biologis yang terjadi karena adanya cahaya buatan. Hal tersebut dapat memicu ekspresi berlebihan yang memungkinkan terjadinya pembentukkan sel kanker.

Amalan Sebelum Tidur

Dalam ajaran Islam terdapat beberapa amalan sunnah yang dilakukan sebelum tidur. Amalan ini dianjurkan sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

1. Berwudhu sebelum tidur

Berwudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang dicontohkan Rasul sebelum tidur. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu," (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Menurut Imam Nahrawi, berwudhu sebelum tidur agar tidur tetap dalam keadaan suci dari hadas. Sebab, kematian dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat tidur.

2. Mengibas tempat tidur

Sebelum beranjak ke tempat tidur, disunnahkan mengibas atau membersihkan tempat tidur terlebih dahulu.

Hal ini berdasarkan pada hadis Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Jika salah seorang di antara kamu hendak mendatangi tempat tidurnya, hendaknya ia mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, kemudian mengucapkan: 'Bismika rabbi wadha'tu janbii' (Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku)."

3. Membaca doa sebelum tidur

Amalan sunnah selanjutnya adalah membaca doa sebelum tidur, yaitu: "Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.

4. Membaca ayat kursi

Membaca Ayat Kursi sebelum tidur memiliki keutamaan yaitu Allah melindungi kita dari gangguan setan hingga pagi harinya. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW:

"Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta'ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi," (HR. Bukhari).

5. Membaca surat pendek

Surat pendek yang dimaksud adalah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Ketiga surat ini tak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur. Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

6. Istighfar

Terbiasa membaca istighfar sebelum hendak tidur. “Rasulullah banyak membaca 'Subhanallah wa bihamdihi, astaghfirullah wa atubu ilaihi, (Maha Suci Allah dengan segala pujinya, aku memohon ampun kepada Allah) sebelum tidur.” (HR Bukhari, Muslim).

Adapun bacaan istighfar sebelum tidur yang dapat diamalkan sebagai berikut:

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Voodoo, santet ala Eropa

Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Santet Menurut Agama Islam

Santet yang dialami seseorang biasanya dikirim oleh orang lain yang mempunyai rasa iri dengki atau dendam terhadapnya.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024