13 Filsuf Yunani sebelum Socrates Paling Berpengaruh

Filsuf besar Jerman, Friedrich Nietzsche.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Filsuf Yunani sebelum Socrates, Aristoteles dan Plato sejauh ini adalah filsuf Yunani paling terkenal dan umumnya dikaitkan dengan periode klasik Yunani. Namun, para tokoh ini berutang banyak kepada serangkai pemikir atau filsuf yang hidup pada abad ke-6 dan ke-5 SM yang dikenal sebagai Filsuf Pra-socrates.

Kapal Induk Nuklir Charles de Gaulle Pimpin Armada NATO Terobos Laut Mediterania

Pada artikel kali ini, Viva menelusuri melalui berbagai sumber mengenai 13 filsuf Pra Sokrates terpenting dari Yunani kuno, sebagai berikut;

1. Thales (625 - 546 SM)

Bungkam Fiorentina, Olympiakos Jadi Klub Yunani Pertama yang Juara di Kompetisi Eropa

Thales tertarik pada filsafat alam. Aristoteles menganggap Thales sebagai filsuf pertama dalam tradisi Yunani dan konsekuensi dari kanon barat.

Thales datang dengan sistem di mana air adalah asal dari semua materi. Selain itu, ia terkenal meramalkan gerhana matahari 585 SM dan memperkenalkan geometri dari Mesir ke Yunani, serta penemuan lainnya. Thales menghitung ketinggian piramida Mesir dan jarak kapal dari pantai menggunakan geometri. Dia juga dikaitkan dengan mengembangkan 'Teorema Thales.'

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Seperti kebanyakan pra-sokrates, dan terutama yang berasal dari Miletus, Thales bukan hanya seorang filsuf tetapi seorang individu yang mencari pengetahuan di setiap sudut yang bisa dia dapatkan. Dia adalah seorang matematikawan, astronom, insinyur, dan banyak lagi.

2. Anaximander (610 – 546 SM)

Anaximander, seorang murid Thales. Anaximander adalah salah satu filsuf pertama yang menulis buku. Seperti Thales, dia juga tertarik pada banyak bidang yang berbeda. Dia dikaitkan dengan penemuan gnomon.

Anaximander juga dianggap sebagai orang pertama yang menggambar peta dunia. Dia tidak setuju dengan gurunya tentang substansi dasar alam semesta.

Sementara Thales percaya bahwa segala sesuatu keluar dari air, Anaximander menghubungkan semuanya dengan Apeiron (secara harfiah diterjemahkan sebagai "yang tak terbatas"). Ini adalah entitas abstrak yang melahirkan segalanya dan merupakan tempat di mana segala sesuatu kembali.

Anaximander juga orang pertama yang menggunakan istilah arche (awal) dalam konteks filosofis. Selain itu, ia berspekulasi bahwa hewan dan manusia berevolusi dari hewan lain yang hidup di air.

3. Anaximenes Of Miletus (586 – 526 SM)

Anaximenes adalah Milesian ketiga di antara para filsuf Yunani sebelum Socrates. Dia adalah murid Anaximander dan juga seorang monist. Dimana Thales melihat air dan Anaximander the Apeiron, Anaximenes melihat udara, yang menurutnya adalah arche (awal) dari segala sesuatu.

4. Heraclitus (535 – 475 SM)

Heraclitus lahir di Efesus ia menghasilkan filosofi perubahan. Dia percaya bahwa dunia terbuat dari api dan selalu bergerak.

Bagi Heraclitus, tidak ada yang tetap sama, sebuah filosofi yang terangkum dalam ungkapan Panta Rhei (semuanya mengalir).

Bagian penting lain dari filosofinya adalah gagasannya tentang kesatuan yang berlawanan. Ini berarti bahwa bagi Heraclitus, kebalikan seperti baik dan buruk, ada dan tidak ada, siang dan malam, atas dan bawah, sebenarnya adalah satu. Bukan satu yang tidak dapat dibedakan tetapi seperti koin yang memiliki dua sisi.

Dia juga filsuf Yunani pertama yang berbicara tentang Logos, sebuah istilah yang menjadi sangat populer di abad-abad berikutnya dan terus menjadi salah satu istilah paling sentral bagi para filsuf bahkan hingga hari ini.

5. Xenophanes (570 – 478 SM)

Xenophnes adalah seorang penyair dan teolog yang dengan tegas menentang gagasan politeisme. Xenophanes mengkritik pandangan teologis Homer dan Hesiod yang melukiskan citra amoral para dewa yang melakukan pencurian, perzinahan, dan banyak lagi. Dia juga percaya bahwa para dewa tidak seperti manusia dan hanya ada satu dewa non-antropomorfik.

Xenophanes juga termasuk yang pertama berbicara tentang batas pengetahuan manusia. Dia berbicara tentang ketidakmungkinan untuk memahami kebenaran tentang para dewa dan bersikeras bahwa pengetahuan itu relatif. Akibatnya, ia adalah salah satu relativis pertama dalam sejarah.

6. Phytagoras (575 – 490 SM)

Filsuf Pythagoras lahir di pulau Samos, Yunani. di c. 530 SM ia pindah ke Croton Italia Selatan untuk mendirikan sekolahnya.

Pythagoras mengajarkan cara hidup pertapa yang menuntut pembatasan diet dan mempromosikan spiritualitas yang mengidolakan angka dan matematika, yang disebut numerologi.

Ide sentral dalam pemikiran Pythagoras adalah kepercayaan pada metempsikosis, reinkarnasi jiwa setelah kematian.

7. Parmenundes (6 – 5 SM)

Parmenides hanya menulis satu buku dan hanya puisi dari karya ini yang dilestarikan. Ini berisi ide-ide filosofis yang sangat sulit dan abstrak mengenai sifat keberadaan.

Parmenides adalah kebalikan dari Heraclitus. Di mana Heraclitus berbicara tentang perubahan dan gerakan, Parmenides bersikeras pada alam semesta yang tidak berubah dan stabil. Sementara Heraclitus menekankan bahwa dunia bagian dari dunia yang abadi, seragam, tidak berubah, tidak dapat digerakkan, tidak dapat dihancurkan, dan sempurna.

8. Zeno (495 – 430 SM)

Zeno adalah murid Parmenides, Zeno menjadi terkenal karena paradoksnya yang berusaha membuktikan bahwa semua gerak dan perubahan adalah ilusi. Dengan paradoks tersebut, Zeno mencoba membuktikan teori ontologis gurunya bahwa dunia itu seragam, tidak berubah dan tidak bergerak.

Singkatnya, Zeno mengklaim bahwa untuk menempuh jarak seseorang harus menempuh setengah jarak terlebih dahulu. Tetapi karena kita dapat terus membagi jarak dalam setengah nfinitum, tidak mungkin untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

9. Empedocles (494 – 434 SM)

Parmenides merupakan filosof Yunani terakhir yang mengungkapkan gagasannya dalam syair. Empedocles mencela pengorbanan hewan dan menganjurkan vegetarianisme di samping teori reinkarnasi (metensarcosis).

Dia juga mengajarkan bahwa ada empat elemen; api, udara, air, dan tanah. Segala sesuatu yang ada adalah transformasi dari empat elemen ini.

Dua kekuatan, Perselisihan dan Cinta bertanggung jawab atas rasio yang berbeda dari masing-masing elemen ini dalam berbagai hal. Perselisihan membuat unsur-unsur menarik diri mereka sendiri sementara Cinta membuat mereka bersatu.

10. Anaxagoras (500 – 428 SM)

Anaxagoras hanya menulis satu buku dan dia terutama dipengaruhi oleh teori Parmenides.

Menurut Anaxagoras, pada awalnya, segala sesuatu ada dalam fragmen-fragmen kecil yang tak terhingga dan dalam jumlah tak terhingga di tempat yang begitu kecil dan dalam jarak yang sangat dekat sehingga mereka hampir tidak dapat dibedakan. Penataan ulang fragmen-fragmen ini diatur oleh pikiran kosmik yang disebutnya Nous.

11. Leucippus (430 SM)

Leucippus merupakan filsuf pertama dari beberapa filsuf Yunani yang disebut atomis. Leucippus mengklaim bahwa segala sesuatu terbuat dari hal-hal kecil yang tak terpisahkan yang disebut atom, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "yang tidak dapat dipotong".

12. Democritus (460 – 370 SM)

Democritus bersikeras bahwa materi terbuat dari bagian-bagian yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom yang berinteraksi secara mekanis satu sama lain. Dia juga percaya bahwa ada atom dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Misalnya, ia berpendapat bahwa atom udara berbeda dari atom besi dan perbedaan ini menentukan interaksi mereka.

Democritus juga menghargai intelek sebagai sumber pengetahuan yang valid dan memperingatkan terhadap setiap kebenaran yang diperoleh melalui indera. Ia memberikan beberapa kontribusi di bidang estetika, matematika, biologi, antropologi, dan ilmu-ilmu lainnya. Seperti banyak filsuf Yunani, ia juga percaya akan keberadaan banyak dunia.

13. Protagoras (490 – 420 SM)

Protagoras adalah murid Democritus. Protagoras percaya bahwa untuk segalanya, selalu ada dua argumen dengan kekuatan yang sama. Akibatnya, dia sangat meragukan kemungkinan memperoleh kebenaran objektif. Untuk alasan ini, Protagoras dianggap sebagai salah satu pemikir terpenting dalam sejarah relativisme.

Itu merupakan berbagai filsuf sebelum masa sebelum Socratest yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan dasar kedepannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya