Mengenal Hukum Bacaan Iqlab yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Membaca Alquran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hukum bacaan iqlab adalah mengganti sebuah huruf menjadi huruf lain dalam hukum bacaan tajwid dalam Al Quran. Iqlab merupakan hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang tergolong ke dalam hukum nun mati/nun sukun dan tanwin. Kamu harus mengetahui dan memahami hukum bacaan iqlab tersebut saat membaca Al Quran. Karena, mengamalkan ilmu tajwid hukumnya adalah fardhu ‘ain untuk setiap umat Islam yang membaca kita suci Al Quran. 

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Dapat dikatakan bahwa iqlab merupakan pengganti bunyi nun mati atau tanwin kepada suara mim mati ketika bertemu dengan huruf iqlab. Huruf iqlab sendiri hanya terdiri atas satu huruf hijaiyah, yaitu ba’. Sementara untuk cara membaca iqlab adalah dengan merapatkan kedua bibir, mendengungkan, dan menahan selama 2 harakat atau ketukan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tentang hukum bacaan iqlab yang disadur dari berbagai sumber. 

Pengertian Iqlab

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Menyadur dari buku Al Quran dan Hadis, Madrasah Tsanawiyah Kelas VII, iqlab adalah membalik atau menukar bunyi huruf nun suku atau tanwin menjadi huruf mim mati yang disertai dengan dengung. Secara harfiah, iqlab adalah menggantikan atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. 

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA

Huruf Iqlab

Al Quran, Islam

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa huruf iqlab hanya ada satu yaitu ba’. Iqlab mempunyai ciri dalam Al Quran yaitu terlihat dari huruf mim kecil di antara huruf mim dan ba’. Dengan kata lain, nun mati atau tanwin dibaca iqlab saat bertemu dengan ba’. Cara membacanya diiringi dengan unsur ikhfa dan ghunnah. 

Kesalahan yang kerap terjadi saat membaca iqlab adalah tidak menukar bunyi nun sukun atau tanwin kepada bunyi huruf mim sukun. Akibatnya, bacaan tidak mendengung. Untuk memudahkan pemahaman tentang hukum bacaan iqlab, bisa disimak potongan nazham yang berasal dari kitab Hidayatush Shibyan berikut ini. 

Artinya: "Apabila ada tanwin dan nun mati bertemu ba', maka wajib dibaca iqlab (tanwin dan nun mati gantilah ke mim mati)."

Contoh Bacaan Iqlab

Al Baqarah ayat 18

Photo :
  • Tangkapan Layar

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 18 di atas, Tanwin bertemu dengan huruf Ba sehingga digantikan dengan mim mati dan dibaca Shummummbukmun. 

Al Lail ayat 8

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kemudian dalam surat Al Lail ayat 8 di atas, Nun Mati bertemu dengan huruf Ba, sehingga diganti dengan mim mati dan dibaca mambakhila. 

Al Balad ayat 2

Photo :
  • Tangkapan Layar

Lalu, dalam Al Quran surat Al Balad ayat 2, Tanwin bertemu dengan huruf Ba sehingga digantikan dengan mim mati dan dibaca Wa anta khillummbihaadzal balad.

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Al-Quran

Photo :
  • pixabay

Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah, sedangkan hukum membaca Al Quran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid adalah Fardhu Ain. Untuk orang-orang yang belum bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, maka wajib hukumnya untuk selalu berusaha membaguskan bacaan sehingga mencapai standar yang sudah ditetapkan Rasulullah. 

Hukum bacaan tajwid ini penting diketahui oleh semua umat Islam dalam membaca Al Quran. Karena, membaca Al Quran harus benar dan tartil serta memahami makhorijul huruf maupun kapan harus berhenti atau lanjut. Salah satu cara supaya bisa membaca Al Quran dengan baik dan tartil adalah dengan mempelajari ilmu tajwid yaitu ilmu yang mempelajari tentang cara pengucapan dan pelafalan Al Quran. 

Tips Belajar Tajwid

Kitab Suci Alquran.

Photo :
  • U-Report

Mengikuti Kelas dari Lembaga Al Quran

Kini, sudah banyak lembaga tempat mempelajari Al Quran yang ada di kota-kota besar. Kamu yang baru mulai mempelajari tajwid dapat mengikuti program di lembaga tersebut, jangan malu karena tidak ada kata telat untuk memulai. Ingat, bila ingin menyempurnakan bacaan Al Quran, harus menguasai dulu ilmu tajwid. Karena, akan ada ganjaran pahala yang besar.

Terus Mengulang

Tentu saja tidak akan cukup hanya mempelajari satu kali, kamu perlu mengulangnya supaya ingat dan terbiasa. Sebab, ilmu tajwid ini sangat luas dan banyak. Bila sering mengulang materi yang telah dipelajari, akan semakin memudahkan kamu supaya terbiasa dan mudah memahami cara menyempurnakan bacaan Al Quran. 

Menggunakan Buku Pedoman

Saat ini juga sudah hadir berbagai buku pedoman yang dapat digunakan. Setiap buku pedoman ini mempunyai metode yang berbeda, pastikan jika metode tersebut mudah dikuasai dan dimengerti. 

Ilustrasi mobil polisi.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Motif dari perbuatan ini adalah balas dendam karena salah satu pelaku diduga sering menjadi korban penindasan oleh korban, yang kemudian dilaporkan kepada teman-temannya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024