Sejarah Hari Jumat Tanggal 13, Dianggap Membawa Kesialan

Jumat Tanggal 13
Jumat Tanggal 13
Sumber :
  • freepik

VIVA – Sejarah hari Jumat tanggal 13 atau yang sering dikenal dengan Friday the 13th banyak dikenal dengan ‘kesialan’. Orang-orang yang percaya dan ketakutan akan angka 13 bahkan mendapat istilah psikologis: triskaidekaphobia. Ada juga sebutan bagi yang merasakan fobia dengan Jumat tanggal 13 sebutannya paraskavedekatriaphobia.

Sebagian orang percaya bahwa tanggal tersebut membawa kesialan yang akan menimpa seseorang. Sama seperti berjalan di bawah tangga, berpapasan dengan kucing hitam atau memecahkan cermin, banyak orang berpegang teguh pada kepercayaan bahwa hari Jumat tanggal 13 membawa nasib buruk. Meskipun tidak pasti kapan tepatnya tradisi ini dimulai, takhayul negatif telah berputar di sekitar angka 13 selama berabad-abad.

Dilansir dari history.com, sementara budaya Barat secara historis menghubungkan angka 12 dengan kelengkapan (ada 12 hari Natal, 12 bulan dan tanda-tanda zodiak, 12 pekerjaan Hercules, 12 dewa Olympus dan 12 suku Israel, hanya untuk beberapa contoh), penerusnya 13 memiliki sejarah panjang sebagai pertanda nasib buruk.

Kode Hammurabi kuno, misalnya, dilaporkan menghilangkan hukum ke-13 dari daftar aturan hukumnya. Meskipun ini mungkin kesalahan klerikal, orang-orang yang percaya takhayul terkadang menunjuk ini sebagai bukti asosiasi negatif yang sudah berlangsung lama.

Alasan Jumat Tanggal 13 Tidak Beruntung 

Jumat Tanggal 13

Jumat Tanggal 13

Photo :
  • history.com

Menurut tradisi Alkitab, 13 tamu menghadiri Perjamuan Terakhir, yang diadakan pada Kamis Putih, termasuk Yesus dan 12 rasulnya (salah satunya, Yudas yang mengkhianatinya). Hari berikutnya, tentu saja, adalah Jumat Agung, hari penyaliban Yesus.