5 Hewan Paling Agresif di Dunia, Ada Burung Kasuari

Tasmanian devil
Tasmanian devil
Sumber :
  • blather.net

VIVA – Berbicara mengenai dunia hewan memang tak akan ada habisnya. Setiap hari, pasti ada hal dan fakta baru yang muncul dari penelitian yang dilakukan mengenai hewan. 

Hewan dan manusia memang bisa hidup berdampingan, tapi jika diganggu, kemungkinan hewan lucu seperti kucing pun bisa menyerang. Namun, berbeda dengan kelima hewan yang akan dibahas berikut. Kelima hewan ini memang terkenal agresif dan memiliki serangan yang cukup mematikan. Apa saja mereka? Simak 5 hewan paling agresif di dunia: 

Kudanil 

Ilustrasi Pengunjung memberi makan Kuda Nil (Hippopotamus amphibius) di Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat

Ilustrasi Pengunjung memberi makan Kuda Nil (Hippopotamus amphibius) di Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hewan paling agresif nomor satu adalah Kudanil. Kudanil adalah salah satu hewan "amfibi" meski secara taksonomi ia sama sekali bukan amfibi. Namun memang dari nama ilmiahnya yaitu HIppopotamus Amphibius atau yang secara harfiah memiliki arti "kuda sungai yang hidup di dua tempat", yaitu bisa hidup di air maupun di darat. Kudanil termasuk hewan mamalia. 

Kuda nil memang bukan hewan pemakan daging atau karnivora, namun mereka tetap berbahaya bagi hewan lain atau manusia. Hewan raksasa ini memiliki tempramen yang sangat buruk. Dilansir dari Tree Hugger, kuda nil jantan maupun betina, termasuk hewan yang agresif dan ganas, terutama jika mereka berada di air.

Bahkan, di Afrika kudanil dinyatakan lebih berbahaya dibanding dengan buaya. Kudanil sering membalikkan kapal yang ada di sungai atau yang menurut mereka berpotensi mengganggu. Mereka juga akan menggigit atau menginjak - injak korbannya hingga meninggal atau mengalami luka yang parah.