Disebut Pengikut Setia Yesus, Ini 5 Misteri Tengkorak Maria Magdalena

Ilustrasi Yesus dan Maria Magdalena.
Sumber :
  • http://www.onvsoff.com/

VIVA Edukasi – Maria Magdalena, kadang-kadang disebut sebagai Magdalena, Madeleine atau Maria Magdala. Sosok ini merupakan seorang wanita, yang menurut empat Injil kanonik Alkitab, sebagai salah satu pengikut  Yesus . Tak cuma itu, Maria juga disebut turut menyaksikan penyaliban dan kebangkitan Yesus. Nama Maria Magdalena disebut sebanyak 12 kali dalam Injil kanonik. Lebih dari wanita lain, tidak termasuk keluarga Yesus.

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

Ada banyak perdebatan tentang siapa Maria Magdalena itu. Banyak pernyataan-pernyataan dari revisi Injil selanjutnya yang menyebut Maria Magdalena dengan berbagai sebutan. Bahkan sebutan miring pun pernah disematkan dan pandangan itu lama bertahan. Penafsiran lain menunjukkan, Maria Magdalena adalah seorang wanita yang sangat saleh, yang mungkin bahkan menjadi istri Yesus.

Maria tetap sulit dipahami dalam kematiannya. Tengkoraknya yang diduga kuat berada di sebuah relik emas di kota Prancis Saint-Maximin-la-Sainte-Baume. Meski para ilmuwan mengakui, tidak dapat menyimpulkan secara pasti apakah itu tengkorak Maria Magdalena atau bukan.

Bikin Geleng Kepala, Alasan Penjual Siomay di Semarang Curi Ratusan Celana Dalam Wanita

Nah, misteri apalagi yang terdapat pada tengkorak Mary Magdalene. Viva merangkum misteri tersebut dari history.hit sebagai berikut:

1. Siapakah Maria Magdalena?

Pengakuan Pelaku Bunuh Wanita MiChat di Bali

Ilustrasi Yesus dan Maria Magdalena.

Photo :
  • http://www.onvsoff.com/

Julukan Maria 'Magdalena' menunjukkan, sosok ini bisa saja berasal dari kota nelayan Magdala, yang terletak di pantai barat Laut Galilea di Yudea Romawi. Dalam Injil Lukas, Maria Magdalena disebut telah mendukung Yesus 'dari sumber daya mereka', menunjukkan bahwa dia kaya.

Maria dikatakan tetap setia kepada Yesus sepanjang hidup, kematian dan kebangkitan-Nya, menemani dia ke penyaliban-Nya, bahkan ketika dia telah ditinggalkan oleh orang lain.

Setelah Yesus wafat, Maria menemani tubuhnya ke makam. Dan secara luas dicatat dalam berbagai Injil bahwa dia adalah orang pertama yang ditampakkan Yesus setelah kebangkitannya. Dia juga yang pertama memberitakan 'kabar baik' tentang mukjizat kebangkitan Yesus.

Teks-teks Kristen awal lainnya memberi tahu kita bahwa statusnya sebagai rasul menyaingi Petrus, karena hubungannya dengan Yesus digambarkan sebagai sosok yang sangat dekat. Bahkan, menurut Injil Filipus, keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat. Hal ini menyebabkan beberapa orang percaya bahwa Maria adalah istri Yesus.

2. Potret Maria Berubah

Ilustrasi Yesus dan Maria Magdalena.

Photo :
  • http://www.onvsoff.com/

Peninggalan lain yang dikatakan milik Maria Magdalena adalah tulang kaki yang terletak di basilika San Giovanni dei Fiorentini di Italia, yang diklaim berasal dari kaki pertama yang memasuki makam Yesus selama kebangkitan-Nya.

Yang lain dilaporkan adalah tangan kiri Maria Magdalena di Biara Simonopetra di Gunung Athos. Dikatakan tidak fana, memancarkan keharuman yang indah, memancarkan kehangatan tubuh seolah-olah masih hidup dan melakukan banyak keajaiban.

Akhirnya, sebuah gigi yang diyakini milik sang rasul terletak di Metropolitan Museum of Art di New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya