6 Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Mampu Mengubah Pasir Jadi Makanan

Ilustrasi Nabi.
Ilustrasi Nabi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Seperti kisah-kisah nabi lainnya, Nabi Ibrahim AS juga memiliki kisah yang sayang untuk kita sebagai umat Muslim lewati begitu saja. Sebagai umat Muslim, kita wajib mengetahui dan mengimani kisah-kisah dari para nabi, seperti salah satunya kisah dari Nabi Ibrahim AS.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar kita selalu meneladani sifat-sifat baik para Nabi. Sama seperti Nabi dan Rasul lainnya yang diberikan mukjizat yang luar biasa oleh Allah, Nabi Ibrahim pun sama demikian.

Ilustrasi Nabi Ibrahim dan Ismail.

Ilustrasi Nabi Ibrahim dan Ismail.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang diketahui, bahwa Nabi Ibrahim AS merupakan seorang yang termasuk dalam golongan ulul azmi yakni seorang nabi yang ketabahannya sangat luar biasa dalam perjuangannya melakukan dakwah. 

Sejak lahir hingga akhir hayatnya, kisah Nabi Ibrahim menjadi salah satu wujud ketaatan dan ketauhidan yang sungguh luar biasa. Selain itu, dalam kisah Nabi Ibrahim juga ditemukan sosok nabi, pemimpin, ayah, dan suami yang luar biasa. Dikutip Human Appeal, inilah karakteristik Nabi Ibrahim yang terpuji:

  • Sosok pemimpin sejati. Allah SWT menjadikannya seorang imam, pemimpin umat, dan fokusnya adalah melanjutkan warisan ini untuk keturunannya dan ummat. 
  • Dia tahu cara menumbuhkan kepemimpinan dan berdoa kepada Allah SWT. Dia selalu terbuka saat memimpin dan melakukan kebaikan, serta menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan.
  • Dia juga tahu pentingnya memastikan bahwa dia tidak mengabaikan keluarganya dalam dakwah, karena dia adalah orang yang seimbang. Memiliki kepercayaan yang sempurna. Nabi Ibrahim sangat menginspirasi dalam hal ketakwaan dan ketauhidan.
  • Dia lebih fokus untuk menyenangkan Allah SWT dan menjadikan-Nya sebagai prioritas. Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Ibrahim memiliki tawakul atau kepercyaan, karena hanya bergantung kepada Allah SWT dan tidak ada yang bisa menggoyangkan keimanannya.
  • Contoh kesabaran. Ketika dihadapkan pada tantangan, cobaan dan ujian, Nabi Ibrahim selalu bersikap tenang dan bijaksana. Ketika ayahnya menentang dia dan pesannya, dia tidak marah dan tetap sabar. Dia berbicara kepada ayahnya dengan cara yang lemah lembut.
  • Dia beribadah dengan Ihsaan (keunggulan). Banyak orang yang beribadah dengan tergesa-gesa, misalnya terburu-buru sholat. Namun, Nabi Ibrahim menunjukkan kualitas ibadah yang sangat istimewa sepanjang hidupnya.

Selain karakterisitik Nabi Ibrahim AS, ada juga mukjizat beliau yang perlu kita ketahui. Berikut ini akan kami bagikan sederet mukjizat Nabi Ibrahim AS yang luar biasa.

Mukzijat Nabi Ibrahim AS

Ilustrasi Nabi Khidir.

Ilustrasi Nabi Khidir.

Photo :
  • U-Report

Setiap nabi yang diutus oleh Allah SWT diberikan mukjizatnya masing-masing. Tujuannya dijadikan sebagai bukti bahwa Allah itu ada dan akan selalu membantu umatnya yang beriman dan patuh terhadap-Nya. Sedangkan, Ibrahim sendiri mendapat berbagai keajaiban besar seperti ulasan yang ada berikut ini:

Melansir dari gramedia.com berikut ini terdapat mukjizat Nabi Ibrahim AS yang perlu kita ketahui sebagai umat Muslim:

Keluarnya Susu dari Ibu Jari

Masih berkenaan dengan cerita mengenai kelahirannya, meski tinggal di gua sendirian yang sepi dan jauh dari kampung namun ternyata Allah melindunginya. Pada saat ibunya menjenguk, ternyata Ibrahim kecil sedang menghisap susu dari ibu jarinya sehingga kebutuhan makanannya terpenuhi.

Anehnya lagi, bagian wajahnya terlihat bercahaya tepatnya di kening. Saat itulah, ibunya mulai berfikir betapa spesial putranya. Kemuliaan yang Allah berikan tentu khusus untuk hamba-Nya yang nantinya akan menyebar luaskan dinul haq dan ajaran mengenai keesaan.

Orang Pertama yang Membangun Ka’bah

Salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Makkah yaitu Ka’bah sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh umat muslim di seluruh dunia.  Pembangunan pertamanya terjadi pada masa nabi Ibrahim. Prosesnya mendapatkan bimbingan langsung dari Allah SWT dengan desain menakjubkan.

Pada awalnya, Allah memerintahkan untuk membangunkan rumah untuk-Nya. Kemudian mengutus awan menanyakan kepada Ibrahim apakah tugasnya sudah dilaksanakan. Setelah mendapatkan jawaban, Allah segera mendatangkan pondasi. Lalu Beliau serta putranya meninggikan bangunan tersebut.

Tubuhnya Tidak Hangus Terbakar Api

Nabi Ibrahim AS dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud di atas api yang menyala karena membawa ajaran baru dan menentang Namrud.  Namun Nabi Ibrahim AS diberikan mukjizat oleh Allah SWT, saat dibakar tubuhnya tidak terbakar dan tidak tersentuh api sama sekali bahkan api menjadi dingin.  Kejadian ini diabadikan dalam Q.S Al-Anbiya ayat 69 yang sekarang sering dijadikan salah satu ayat ruqyah.

Dapat Mengeluarkan Madu dari Jarinya

Semasa kecilnya, Nabi Ibrahim pernah  ditinggal oleh ibunya di dalam gua sendirian karena menghindari terjadinya pertumpahan darah. Ibunya pun mengunjungi tidak sering, namun anehnya dari jari putranya dapat mengeluarkan madu. Sedangkan bagian lainnya terdapat keju sehingga nutrisi tetap terpenuhi.

Menghidupkan Makhluk yang sudah Mati

Kejadian ini diabadikan dalam salah satu surah yakni Al-Baqarah ayat 260 yang mengesahkan bahawa pada saat itu Nabi Ibrahim belum mempercayai tentang keesaan Allah. Akhirnya diperlihatkan bagaimana cara menghidupkan makhluk mati yang tentunya tidak bisa dilakukan manusia normal. Dalam Q.S Al-Baqarah diceritakan bahawa Allah memerintahkan Ibrahim untuk mencincang tubuh burung kemudian meletakkannya di atas bukit. 

Selanjutnya Beliau harus memanggilnya dan kejadian ajaib berlangsung. Makhluk tersebut hidup kembali sehingga dapat terbang menghampirinya.

Mengubah Pasir Menjadi Makanan

Ada banyak hal tidak mungkin bisa terjadi termasuk seperti yang dialami oleh Nabi Ibrahmi yang dapat mengubah pasir menjadi makanan. Berawal saat Ibrahim mendatangi Namrud untuk mendapatkan makanan. Namun harapannya ternyata putus karena tetap teguh dengan pendiriannya ketika ditanyakan siapa Tuhannya. 

Kejadian ajaib dimulai saat ia membawa pasir dari namrud pulang ke rumah. keesokan harinya isi kantongnya penuh dengan bahan masakan berupa sayuran dan daging.