Termasuk Nabi Isa AS, Ini 4 Nabi yang Lahir dan Besar di Palestina 

Ilustrasi Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Palestina – Palestina mendapatkan julukan sebagai negeri para nabi karena ada banyak utusan Allah SWT yang lahir dan diutus ke sana. Karena itu, Palestina merupakan tempat yang sangat penting bagi umat Islam karena ada banyak cerita-cerita para nabi. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Selain itu, keberadaan Palestina sangat penting bagi umat Islam karena ada masjid suci yaitu Masjidil Aqsa yang jika salat di dalamnya maka akan mendapatkan pahala seperti salat 500 kali. Nah, berikut beberapa nabi yang lahir dan diutus ke Palestina. 

1. Nabi Daud AS

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Reruntuhan yang diduga bangunan istana Nabi Daud AS.

Photo :
  • todayonline.com

Nabi Daud AS, yang lahir di Palestina, tercatat sebagai nabi pertama dari wilayah tersebut. Keterangan ini ditemukan dalam buku Tafsir Qashashi Jilid III karya Syofyan Hadi. Nabi Daud AS lahir dan dibesarkan di Palestina dengan nama lengkap Daud bin Yisya bin Uwaibid. Sebagai keturunan ke-13 dari Nabi Ibrahim AS, beliau memiliki 12 orang saudara.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Keberhasilan Nabi Daud AS dalam mengalahkan Raja Jalut yang kuat dan kejam menjadi sorotan terkenal. Meskipun usianya masih muda dan menghadapi lawan yang tangguh, yakni Raja Jalut, Nabi Daud AS berhasil mengalahkannya dan bahkan membunuhnya.

2. Nabi Ismail AS

Ilustrasi ibadah solat

Photo :
  • Paxel

Nabi Ismail AS, yang merupakan nabi kedua yang lahir di Palestina, dijelaskan dalam buku Ibrahim: Bapak Para Nabi dan Kekasih Allah karya Ali Muhammad Ash-Shallabi. Lahir pada tahun 1794 SM di wilayah Bi'ru Sab'. 

Nabi Ismail AS adalah putra pertama Nabi Ibrahim AS dari istrinya, Hajar. Pada usia 86 tahun, Nabi Ibrahim AS belum dianugerahi keturunan, dan setelah berdoa kepada Allah, Nabi Ismail AS lahir sebagai kabar gembira.

"(Ibrahim berdoa), 'Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (keturunan) yang termasuk orang-orang saleh." Maka, Kami memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak (Ismail) yang sangat santun." (Ash-Shaffat: 100-101).

3. Nabi Yunus AS

Ilustrasi salat/mengajarkan anak salat.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Nabi Yunus AS, nabi yang lahir di Palestina. Beliau diketahui lahir di Gats Aifar, Palestina, seperti yang diungkapkan dalam buku Tafsir Al-Lubab Jilid 1 karya Quraish Shihab. Diutus sebagai nabi pada tahun kedelapan sebelum masehi, Nabi Yunus AS menghabiskan akhir hidupnya di Palestina, dimakamkan di desa Jaljun antara Quds (Yerusalem) dan Al-Khalil di tepi barat laut Laut Mati.

4. Nabi Isa AS

Kisah Nabi Hud

Photo :
  • Tangkapan Layar

Nabi Isa AS, seorang nabi terkenal, juga lahir di Palestina, beliau diduga lahir di Betlehem (Baitul Lahm), dekat Baitul Maqdis, sesuai dengan Ibnu Katsir dalam Qashashul Anbiya. Nabi Isa AS lahir dari ibu bernama Maryam tanpa ayah, sebagai mukjizat dari Allah. 

Maryam, seorang wanita yang salihah dan zuhud, melahirkan Isa AS tanpa sentuhan laki-laki. Mukjizat pertama Nabi Isa adalah kemampuan berbicara saat masih bayi, yang diberikan oleh Allah SWT untuk membersihkan fitnah-fitnah keji yang mengejar Maryam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya