Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Bangun Taman Moderasi di Papua

Mahasiswa KKN UIN Walisongo di Taman Moderasi Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UIN Walisongo, Dr M Rikza Chamami MSi mengapreseasi mahasiswa KKN Papua yang berhasil membangun taman moderasi di perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

"Taman moderasi beragama yang dibuat oleh kelompok KKN Kolaborasi UIN Walisongo dengan berbagai perguan tinggi ini meneguhkan semangat toleransi dan kerukunan untuk seluruh bangsa Indonesia," tegas Rikza di Kantor LP2M, Sabtu (27/8).

Yanwar Pratama mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam FITK, delegasi KKN UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam kelompok KKN Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama (KNMB) di Kampung Skouw Sae menjadi bagian dari tim yang membangun Taman Moderasi di Perbatasan RI-PNG.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Mahasiswa KKN UIN Walisongo di Taman Moderasi Papua

Photo :
  • Istimewa

Adapun peresmian Taman Moderasi berlangsung di halaman Masjid Al-Aqsa Jl. Transad Kampung Skouw Sae Distrik Muaratami Kota Jayapura Provinsi Papua, Selasa (23/8/2022).

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

"Maraknya faham-faham ekstremisme, radikalisme dan intoleran berakar dari multikultur agama, budaya, ras, bahasa hingga suku," ungkap Yanwar yang juga Ketua Walisongo English Club ini dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Minggu (28/8).

Maka sikap moderat, lanjutnya, menjadi solusi. Melihat kampung Skouw Sae terdapat dua agama besar yakni Kristen & Islam, terbangunnya Taman Moderasi sebagai simbol kerukunan masyarakat setempat, selain hal tersebut tujuan kami mengangkat potensi sumber daya alam kampung ini salah satunya kelapa, harapannya dengan berdirinya taman moderasi untuk menaikan perekonomian, karena lokasi ini strategis jalur utama pariwisata lokal, nasional hingga internasional yang akan menuju RI-PNG melalui jalur darat. 

Kegiatan ini disambut baik dan resmikan langsung oleh Kepala Kantor Agama Kota Jayapura Bapak Abdul Hafid Yusuf. Pihaknya mengatakan bahwa ini hasil karya terbaik tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 sebagai wujud konkret pengentasan masalah masyarakat setempat dan memanfaatkan peluang. 

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya untuk tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 yang sudah berhasil membangun Taman Moderasi, karena sesuai dengan multikultur masyarakat kampung ini dan mengangkat perekonomian masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam. Semoga ini langkah terbaik membangun bangsa dan berkah untuk ummat.” tutur Abdul Hafid Yusuf. 

Berdirinya Taman Moderasi ini sangat dirasakan oleh masyarakat setempat. Ustadz La Failu tokoh masyarakat dan Imam Masjid Al-Aqsa ikut bangga kehadiran tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 sudah memberikan solusi yang tepat dan sesuai dengan kondisi masyarakat kampung ini. 

“Terimakasih banyak sebesar-besarnya kepada tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 yang sudah berjuang di kampung ini. Besar harapan bisa dioptimalkan oleh kami”. ucap La Failu

Ondoafi kampung Skouw Sae, David Lomo pun turut mengapresiasi kepada tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 yang telah sukses membangun Taman Moderasi. 

“Saya selaku Ondoafi Kampung Skouw Sae berterimakasih kepada adik-adik kami yang sudah melewati perjuangan untuk mewujudkan solusi nyata untuk kami.” ujar David Lomo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya