Contoh Latar Belakang Proposal yang Baik, Kenali Alur Penyusunannya

Ilustrasi Menulis
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA Edukasi – Contoh latar belakang proposal perlu diketahui oleh semua orang. Karena, bukan tidak mungkin kamu akan dihadapkan dengan yang namanya proposal, baik dalam menempuh pendidikan maupun saat membuat kegiatan di lingkungan tempat tinggal. Sebelum mendalaminya, kamu perlu mengetahui tahap demi tahap yang harus dilakukan. 

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Latar belakang ini biasanya akan berisi hal-hal yang mendasari apa yang hendak disampaikan oleh penulis dalam sebuah karya. Bagian ini juga menjadi kumpulan dari beberapa bahasan yang menceritakan tentang apa yang melandasi penulis untuk menulis karya tersebut. Latar belakang ini harus ditulis dengan baik sebelum lanjut ke langkah berikutnya. 

Dengan menulis latar belakang yang kuat, karya ilmiah kamu pun jadi tidak mudah terbantahkan dan bisa dianggap kompeten. Namun, permasalahan saat ini adalah masih banyak orang yang belum paham mengenai cara penulisannya. Untuk itu, berikut ulasan tentang cara membuat latar belakang seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Pengertian Latar Belakang

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay
Penulis Tere Liye Bagi-bagi Bansos

Latar belakang adalah penjelasan dalam bentuk uraian paragraf yang berisi mengenai alasan mengapa karya tulis itu harus dibuat. Misalnya, bila kamu menulis untuk karya ilmiah, maka kamu harus menjelaskan alasan mengapa topik karya ilmiah itu harus dibuat. Sedangkan bila untuk pensi, maka uraikan mengenai alasan mengapa pensi tersebut harus dilaksanakan. 

Dengan adanya latar belakang, maka pembaca akan mengetahui hal apa yang akan disampaikan dalam karya ilmiah tersebut. Untuk mendukung penulisan karya yang kompeten, maka latar belakang yang baik harus disusun dengan detail dan bila bisa disertai dengan data atau fakta yang mendukung kegiatan atau penulisan karya tersebut. 

Latar belakang juga dapat berbentuk perbandingan dan penyempurnaan dari tulisan mengenai topik yang serupa sebelumnya. Untuk masalah panjang pendek latar belakang, sebenarnya tidak ada patokan khusus. Semua itu bergantung dengan kepentingan karya yang dibuat. Namun biasanya, latar belakang bisa dibuat sebanyak 1-2 halaman saja. 

Hal yang Ada di Latar Belakang

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan ada di dalam latar belakang. Pertamada adalah kedudukan ideal dalam latar belakang yang meliputi kondisi yang diimpikan atau dicita-citakan, atau diinginkan terjadi. Keadaan ideal ini biasanya disajikan dalam bentuk visi dan misi yang hendak diwujudkan. 

Kemudian ada pula kedudukan aktual yang berlangsung saat ini. Bercerita umum mengenai perbedaan antara kedudukan saat ini dengan kondisi kedudukan yang dicita-citakan berlangsung. Terakhir, paparan masalah. Kamu bisa membuatnya dari hal yang umum terlebih dahulu kemudian ke hal yang khusus dan bisa sebaliknya. 

Alur Membuat Latar Belakang

Ilustrasi belajar menulis | istock

Photo :
  • U-Report

Supaya kamu tidak pusing tentang contoh latar belakang proposal, maka penulisannya terbagi ke dalam tiga bagian, tapi masih dalam satu bab. Bagian pertama adalah menuliskan tentang masalah yang akan diangkat dalam karya tulis. Masalah itu bisa berupa keadaan berjalan, dan bisa juga ditulis dengan bentuk visi serta misi yang akan dicapai. 

Lalu, bagian kedua adalah penjelasan tentang isi yang berupa fakta, data, fenomena, dan pendapat ahli mengenai karya ilmiah. Di sini kamu akan menjelaskan pula kelemahan penelitian, tujuan, metode, dan pertanyaan penelitian. Bagian terakhir, berupa saran atau alternatif penyelesaian masalah yang nantinya akan menjadi pokok pembahasan. 

Contoh Latar Belakang Masalah Proposal

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • U-Report

1. Latar Belakang Masalah Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang merupakan lembaga perguruan tinggi yang tidak lepas dari peran mahasiswa sebagai obyek pembelajaran, sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai disiplin ilmu. Namun ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang begitu menyadari akan perannya sebagai mahasiswa, hal ini disebabkan kebanyakan dari mereka berorientasi terhadap kewajiban yang utama yaitu kuliah tanpa memperdulikan peran lainnya yang tak kalah pentingnya, dan sebenarnya predikat sebagai mahasiswa itu mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang tidak lepas dari fungsi-fungsi lembaga kemahasiswaan, aktivitas dan kreatifitas mahasiswa dapat tertampung di lembaga kemahasiswaan tersebut. Di dalam lembaga tersebut mahasiswa akan dilatih dengan keahlian-keahlian dalam bidang keorganisasian, kemasyarakatan, dan bakat minat sehingga mahasiswa terjun kemasyarakat dapat memfungsikan dirinya secara mantap. Karena kredibilitas seorang mahasiswa dapat dilihat ketika mahasiswa tersebut tanggap dan mampu mengkritisi dinamika kehidupan sosial dan kondisi keilmuan yang tengah terjadi.

Oleh karena itu pengkaderan pada organisasi kemahasiswaan khususnya di Fakultas Teknologi Industri sangat diperlukan guna memperbaiki kedinamisan sebuah organisasi. Dalam lingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang pengkaderan organisasi diwadahi dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM), LKMM mempunyai tingkatan dasar dan menengah, dimana LKMM dasar adalah sebagai prasyarat untuk mengikuti LKMM tingkat menengah dan menduduki jabatan sebagai pengurus organisasi kemahasiswaan.

2. Latar Belakang Kegiatan Pentas Seni

Pentas Seni adalah sebuah ajang yang sangat penting untuk menggali kreatifitas anakanak dan siswa siswi di sekolah. Melalui ajang pentas seni inilah nantinya akan bermunculan bakat seni yang tentunya akan sangat bagus baik untuk sekolah maupun untuk kreatifitas para siswa itu sendiri. Untuk memacu kreatifitas para siswa di sekolah, tentu diperlukan ruang yang terbuka seperti Pentas Seni di sekolah.

Bagaimanapun juga, kreatifitas tidak akan bisa muncul ketika tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan dirinya. Maka dari itu, kami anggota OSIS menginisiasi untuk menyelenggarakan. Pentas Seni dalam rangka memacu kreatifitas teman-teman di sekolah. Selain untuk ajang memacu kreatifitas, Pentas Seni juga sekaligus untuk memberikan hiburan kepada kakak kita kelas XII yang akan meninggalkan kita. Jadi acara Pentas Seni ini sekaligus sebagai acara   perpisahan untuk siswa siswi SMK ISLAM DURENAN yang akan segera meninggalkan sekolah kita tercinta ini.

Bimbingan Menulis Maxnovel (Doc: Istimewa)

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

MaxNovel bersama dengan berbagai universitas di Indonesia, termasuk LP3I, bekerja sama dalam rangka memberdayakan kemampuan para penulis muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024