7 Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi oleh Umat Muslim

Syarat wajib haji
Syarat wajib haji
Sumber :
  • VIVA

VIVA Edukasi – Syarat wajib haji mungkin banyak dicaritahu, khususnya bagi umat Muslim yang ingin menunaikan ibadah haji untuk melengkapi rukun Islam. Haji sendiri merupakan ziarah keagamaan tahunan ke Tanah Suci Mekah yang dilakukan setiap tahunnya oleh jutaan umat Muslim dari seluruh dunia. 

Untuk menunaikan ibadah haji, tentu ada syarat wajib haji yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji. Syarat tersebut berguna untuk bahwa seseorang terkena wajib haji yang nantinya akan menentukan masuk atau tidaknya mereka dalam kewajiban haji. 

Menurut ulama, yang dilansir dari laman NU Online, setidaknya ada tujuh syarat wajib haji yang disebutkan di berbagai keterangan dalam Al-Qur’an dan hadist. Umat Muslim yang memang memenuhi syarat, maka akan terkena kewajiban untuk menunaikan ibadah haji. Adapun ketujuh syarat wajib haji tersebut antara lain sebagai berikut: 

“Syarat wajib haji ada tujuh, yaitu Islam, baligh, akal, merdeka, ada kendaraan dan bekal, keamanan di jalan, dan kondisi memungkinkan perjalanan haji,” (Taqrib pada Kifayatul Akhyar, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 2001 M/1422 H], halaman 177).

Untuk syarat Kemerdekaan, bisa dipahami dengan konteks masyarakat yang sistemnya menganut perbudakan pada beberapa ratus tahun lalu. Hal itu dikarenakan seorang budak tidak terkena kewajiban haji yang mengenainya. 

“Salah satu syaratnya adalah kemerdekaan sehingga haji tidak wajib bagi seorang budak sesuai hadits Nabi Muhammad SAW, ‘Budak mana saja yang melaksanakan haji kemudian dimerdekakan, maka wajib baginya melaksanakan haji lainnya’,” (Taqiyyuddin Al-Hishni, Kifayatul Akhyar, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 2001 M/1422 H], halaman 177).

Sementara itu, disebutkan oleh Sayyid Utsman bin Yahya dalam Manasik Haji dan Umrah bahwa syarat wajib haji ada enam.