Mentan Harap Mahasiswa PEPI Dapat Perkuat Sektor Pangan Nasional

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadiri peresmian Asrama Politeknik PEPI
Sumber :
  • Kementerian Pertanian

VIVA Edukasi – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap mahasiswa Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) dapat membangun sektor pangan nasional yang jauh lebih kuat. Dia ingin, mahasiswa menjadi garda terdepan dalam menjadikan pertanian sebagai kekuatan utama membangun negara.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Kita berharap mahasiswa PEPI lebih berkualitas di bidang pertanian dan enjiniring pertanian. Tentu saja mereka harus mampu meng-energi pertanian dimasa yang akan datang," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat meresmikan Asrama Politeknik PEPI di Pagedangan, Tangerang, Banten, Senin, 19 September 2022.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadiri peresmian Asrama Politeknik PEPI

Photo :
  • Kementerian Pertanian
Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Syahrul yakin kemampuan intelektual mahasiswa PEPI dapat berkembang dengan baik sesuai materi perkuliahan yang mereka dapatkan. Namun, sambung dia, yang terpenting adalah menentukan langkah dan konsep ke depan agar lebih tertata, terstruktur dan terprogram.

"Salah satu konsep di pertanian adalah menghadirkan petani milenial kita agar demografis dari bangsa ini bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin melalui anak-anak muda yang besok memiliki ilmu pertanian lebih baik dan tentu saja etos kerja mereka, manajemen konsepsi mereka akan lebih terstruktur," ucapnya

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Sektor pertanian, kata Syahrul, merupakan sektor yang terbukti mampu menjadi tumpuan ekonomi bangsa. oleh karenanya, Kementerian Pertanian sudah menyiapkan berbagai program dan kebijakan yang bisa diakses oleh semua petani muda di seluruh pelosok negeri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadiri peresmian Asrama Politeknik PEPI

Photo :
  • Kementerian Pertanian

"Kita harus terus dorong anak-anak milenial ini berkreasi. Yang paling penting ada kemauan dan semangat, dan paham bangsanya ini bangsa besar yang memiliki alam luar biasa. Oleh karena itu, pendidikan ini diharapkan menjadi bagian-bagian yang besok bisa lahir di PEPI ini," katanya

Dia menegaskan, keilmuan PEPI tidak boleh kalah dari ilmu pengetahuan di negara lain. Pertanian harus menjadi harapan semua orang dalam memperbaiki ekonomi kebangsaan. karenanya, mengelola pertanian harus dimulai dari networking dan kebersamaan yang kuat.

"Saya kira banyak petani milenial kita yang menunjukkan hasil yang lebih baik, karena dunia pertanian itu menjanjikan bagi kita. Karena itu tanam sebanyak-banyaknya apa yang ada di depan kita, pertanian itu penting bagi bangsa ini," jelasnya.

Untuk diketahui, sektor pertanian di tiga tahun terakhir tumbuh dengan sangat baik. Produksi meningkat dan ekspor melesat. Terbaru, Indonesia dinyatakan swasembada oleh lembaga penelitian beras Internasional IRRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya