5 Jurusan Kuliah Tersulit tapi Peluang Kerja Luas, Apa Saja?

Mahasiswa Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Lima jurusan kuliah berikut ini banyak yang bilang tersulit. Baik sulit dalam belajar dan juga lulusnya. Setiap calon mahasiswa memiliki tujuan serta alasan tersendiri untuk menjalani kuliah di suatu jurusan, baik itu mewujudkan cita-cita, menekuni yang sesuai dengan kemampuan dan bakat, hingga ingin menjadi lulusan dari jurusan karena memiliki prospek kerja yang cerah.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Namun, beberapa jurusan yang tersedia di kampus ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang ‘sulit masuk, sulit keluar’. Penasaran jurusan mana saja yang dimaksud? Mengutip laman Brainacademy, ini dia 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia yang Viva dapat sajikan.

1. Jurusan Arsitektur

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

Rumah Kardus Tahan Gempa Arsitektur Jepang Dipamerkan

Photo :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya

Jurusan yang masuk dalam daftar jurusan tersulit di Indonesia yaitu Jurusan Arsitektur yang merupakan perpaduan antara teknik dan seni. Mahasiswa nanti akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

2. Jurusan Kedokteran

Mahasiswa kedokteran UI yang berprestasi di Braincoms 2017.

Photo :
  • Egia Etha Tarigan

Menjadi seorang dokter merupakan pekerjaan yang banyak diimpikan oleh setiap orang, terutama lulusan IPA. Namun ada beberapa alasan yang menjadikan Jurusan Kedokteran salah satu jurusan yang sulit untuk dijalankan.

Pertama, kuliah Jurusan Kedokteran mengharuskan kamu untuk menguasai ilmu-ilmu tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Alasan kedua adalah durasi pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa Kedokteran. Ketika jurusan lain hanya membutuhkan waktu kuliah selama 3,3–4 tahun, Jurusan Kedokteran mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan setidaknya 5–6 tahun hingga mereka dapat menerima gelar Dokter.

3. Jurusan Farmasi

Pekerja pabrik farmasi tengah mengawasi pengemasan obat.

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diincar di Indonesia. Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang seluk-beluk obat-obatan, mulai dari yang sintetik hingga alami.

Tapi perlu diketahui juga kalau Jurusan Farmasi tidak hanya belajar tentang obat. Selama kuliah, para mahasiswanya juga akan turut mempelajari tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran.

Tidak aneh jika Jurusan Farmasi dinobatkan sebagai salah satu jurusan tersulit di Indonesia dan di seluruh dunia. Pada tahun 2014, Ditjen Dikti mengakui bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan kini Jurusan Farmasi masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

4. Jurusan Teknik

Sarjana Teknik Mesin Nangis melihat Kelakuan Pemilik Sepeda Motor

Photo :

Untuk kamu yang tertarik masuk jurusan ini harus kuat-kuat, ya! Sebab, kamu harus belajar ekstra demi memahami materi Fisika, Kalkulus, Statistik, Biologi, hingga Geologi. Konon, sangat sulit untuk mendapatkan nilai yang tinggi di jurusan ini.

Tidak aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain. Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics.

Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Meski terbilang sulit, namun menjadikan lulusan ini banyak peminatnya karena hanya peluang kerja yang ditawarkan untuk para lulusan Teknik Sipil juga sangat luas dan beragam. Jadi, wajar jika cabang ilmu teknik satu ini menjadi incaran banyak orang dan termasuk jurusan yang paling sulit untuk dimasuki

5. Jurusan Matematika dan Statistika

Ilmu matematika

Photo :

Mendengar nama ‘Matematika’ saja pasti sudah membuat sebagian dari kita takut dan mundur. Apalagi, bagi kamu yang sudah musuhan dan frustasi dengan Matematika sejak rumus-rumus rumit mulai ikut campur dalam pelajaran sekolah. Matematika disebut sebagai ibu dari segala ilmu.

Jurusan matematika menjadi ilmu pengetahuan bagi berbagai pengetahuan terapan dan kehadirannya dapat mempermudah penyelesaian permasalahan dalam ilmu-ilmu lainnya. Memang dalam memahami ilmu, kamu membutuhkan dedikasi, ketekunan, matematika dan usaha yang ekstra.

Jurusan statistika akan mengajak kamu untuk belajar mengolah dan menyajikan data dalam bentuk analisa yang dapat diterapkan dalam menciptakan perencanaan yang berguna bagi kemajuan masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya